Fakta Menarik-5 Raja dan Ratu Paling Kejam dalam Sejarah, ada yang Kisahnya Abadi

Hasil gambar untuk Raja Ramesse II Firaun yang paling terkenal dari tanah mesir

Raja atau ratu yang terdapat dalam sebuah kerajaan atau negara biasanya merupakan orang terpilih yang diberikan kekuasaan untuk memimpin rakyat dan negaranya sendiri dengan baik dan adil. Jika terdapat persoalan, maka pemimpin tersebut pun diharapkan dapat menyelesaikan persoalan tersebut dengan bijak dan tidak mengorbankan rakyatnyta.

Didalam sejarah, terdapat banyak sekali raja ataupun ratu didunia yang begitu di cintai oleh para rakyatnya. Namun, tidak sedikit juga ada pemimpin yang dibenci oleh rakyat mereka sendiri karena sikap jahat dan kejam mereka yang tidak berbelas kasihan kepada rakyatnya.

Lalu,siapa-siapa sajakah raja atau ratu tersebut? Berikut adalah 5 raja atau ratu yang paling kejam sepanjang sejarah.

1. Raja John dari Inggris

Hasil gambar untuk Raja John dari Inggris

Raja John Lackland yang sempat untuk memerintah kerajana Inggris pada tahun 1199 hingga 1216 ini merupakan salah satu raja yang kejam, licik dan bahkan mengkhianati negaranya sendiri. John merupakan saudara dari Raja Richard the Lionheart, ia meneruskan kepemimpinan ketika Richard meninggal pada tahun 1199.

Jika raja Richard ini begitu disegani oleh rakyat dan bahkan oleh para lawannya, berbeda halnya dengan raja John yang begitu di benci oleh rakyat Inggris. Raja John juga tidak begitu disukai oleh para kerabat-kerabatnya. John bisa dengan tega mengasingkan keluarganya karena dianggap tidak memiliki arah yang sama.

Menurut John sendiri, siapapun yang berani untuk menentang dirinya, maka orang tersebut harus dihukum mati atau dipenjara.Puncak kegagalan John terjadi ketika dirinya membuat Inggris menjadi bangkrut. John dengan ambisinya untuk mengalahkan Perancis, dirinya rela untuk  kehilangan ratusan ribu pasukan.

Tindakan yang dilakukannya tersebut pun mendapatkan penolakan yang keras dari gereja dan dapat ditebak jika banyak rohaniwan yang berada di penjaran, hingga dihukum mati karena telah menentang raja John.

Karena sikapnya yang sangat kejam ini, muncullah Magna Carta, yang merupakan sebuah piagam perjanjian yang meminta kepada para raja agar menghargai hak-hak asasi dari rakyatnya sebagai manusia bermartabat dan memiliki kedudukan yang sama di mata hukum. Magna Carta merupakan cikal bakal yang menjadikan munculnya ide mengenai nilai-nilai HAM.

2. Raja Herodes dari Yudea

Hasil gambar untuk Raja Herodes dari Yudea

Kisah sejarah mengenai Raja Herodes dari tanah Yudea ini sangatlah terkenal, terutama pada agama Kristen.  Raja Yudea ini terkenal karena kekejamannya yang tega membunuh seluruh seluruh anak laki-laki yang belum genap berusia 2 tahun.

Hal ini dilakukan olehnya karena dirinya mengidap paranoia, yakni ketakutan yang tidak berdasar karena dirinya takut jika anak laki-laki yang lahir pada zamannya akan merebut takhta kerajaand dari tangan Raja Herodes ini.

Walaupun raja Herodes ini merupakan raja yang kejam, raja yang satu ini pernah berjasa untuk menyelamatkan rakyatnya sendiri dari bencana kelaparan yang melanda mereka. Herodes pun dikenal licik karena dapat dengan mudah bersekutu dengan orang-orang Romawi untuk memperlihatkan kestabilan politiknya.

Raja Herodes kemudian diteruskan oleh putranya sendiri yang bernama Herodes Antipas. Mewarisi sifat dari ayahnya, Herodes Antipas ini juga telah melakukan banyak sekali hal-hal yang korup, hingga dijadikan sebagai simbol otoritas duniawi yang jahat pada zamannya.

3. Wu Zetian, sang kaisar perempuan yang memerintah Tiongkok

Hasil gambar untuk Wu Zetian

Wu Zetian, salah satu kaisar perempuan yang pernah menguasai tanah Tiongkok. Ia memrintah dinasti Tnag sebagai permaisuri selama 15 tahun lamanya hingga dirinya menjadi kaisar perempuan selama 35 tahun alanya. Selama 50 tahun dirinya menguasai Tiongkok, ia berhasil membuat Tiongkok menjadi salah satu negara yang paling makmur dan ditakuti.

Namun sayangnya, ia juga memiliki sifat yang kejam dan juga bengis. Masih pada laman yang sama, Wu Zetian ini tidak segan-segan untuk membunuh dan menyiksa siapapun yang tidak sejalan dengannya, walaupun itu merupakan orang terdekat darinya.

Pada usianya telah menginjak 81 tahun, ia sudah tidak memiliki kekuatan lagi untuk meimpin Tiongkok. Satu tahun setelah itu, ia pun mengakui kejahtan yang pernah dirinya perbuat di depan khalayak umum sebelum dirinya meninggal dunia pada 16 Desember 705.

4. Vlad sang penyula

Hasil gambar untuk Vlad sang penyula

Vlad sang penyula merupakan salah satu raja yang sangat kejam, bahkan dirinya memiliki metode yang sadis dalam menakuti para musuhnya. Vlad akan menyula orang-orang yang memusuhinya dan membiarkannya tertancap berhari-hari diluar gerbang istana agar dilihat oleh orang banyak.

Tahukah kalian jika kekejaman Vlad ini dijadikan sebagai salah satu inspirasi untuk menciptakan sosok mahluk kejam abadi yang diberi nama Dracula? Vlad the Dracul merupakan salah seorang raja yang kekejamannya berhasil menginspirasi salah satu seorang novelis untuk menceritakan mengenai sosok Drakula.

Bahkan, kisah kejam Drakula fiksi ini masih kalah terkenal bila dibandingkan dengan kekejaman yang dimiliki oleh Vlad. Memiliki sifat yang maniak, psikopat dan juga nafsu akan kemenangan, Vlad tidak hanya ditakuti oleh para musuhnya saja, namun Vlad juga ditakuti oleh orang-orang yang ada disekitarnya.

5. Raja Ramesse II Firaun yang paling terkenal dari tanah mesir

Hasil gambar untuk Raja Ramesse II Firaun yang paling terkenal dari tanah mesir

Kisah Firaun merupakan salah satu kisah yang sudah sangat tua dan ditulis dalam kitab suci agama-agama besar yang ada di dunia. Salah satu Firaun terbesar dan ditakuti pada masanya adalah Raja Ramesses II. Raja Ramesses II ini merupakan Firaun terkaya dan paling ditakuti oleh seluruh raja-raja didunia pada zamannya.

Ia berhasil membangun banyak sekali bangunan-bangunan yang megah. Ia juga merupakan salah seorang raja yang narsistik. Dibawah kepemimpinan Ramesses II, Mesir menjadi sebagai salah satu negeri yang paling makmur dan paling ditakuti. Firaun Ramesses II ini tidak hanya ditakuti oleh rakyatnya sendiri saja, namun juga oleh orang-orang yang ada disekitarnya, termasuk kerajaan itu sendiri.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.