Berita Global Terkini-5 Sungai Paling Berbahaya di Dunia, Jangan Coba-coba Berenang di Sana

Hasil gambar untuk Sungai Amazon

Sungai dapat menjadi sumber kehidupan bagi manusia yang ada disekitarnya. Keberadaan sungai pun dapat membuat tanah yang ada disekitarnya menjadi subur, dan tentu saja ini bisa menjadi sumber pangan yang bagus bagi manusia yang mendalami daerah tersebut.

Namun, terdapat beberapa sungai didunia ini ternyata yang menyimpan berbagai potensi yang berbahaya bagi siapa saja yang mencoba menaklukkan sungai-sungai tersebut. Perenang yang andal dan profesional pun belum dapat tentu bisa selamat jika nekat berenang disungai-sungai ini.

Inilah lima suangai yang dianggap paling berbahaya didunia ini.

1. Sungai Yangtze

Hasil gambar untuk Sungai Yangtze

Sungai yang letaknya berada di Tiongkok ini merupakan salah satu sungai terpanjang yang ada di Asia Tenggara dengan panjang lebih dari 6300 kilometer. Sungai Yangtze bermula dari daerah pegunungan Tanggula yang ada di Tibet dan terus mengalir hingga ribuan kilometer ke arah Laut China Timur berdekatan kota Shanghai.

Sungai ini dan daerah sekitarnya merupakan rumah bagi banyak habitat liar. Terdapat 280 spesias mamalia, 145 spesia amfibi , 160 spesies repti serta 378 spesies ikan. Namun, terdapat banyak sekali spesies yang ada disungai ini yang juga terancam punah.

Sungai Yangtze ini dianggap sebagai salah satu sungai yang berbahaya karena sungai yang satu ini pernah meluapkan air dalam jumlah yang besar  hingga mengakibatkan banjir bandang besar di Tiongkok pada tahun 1954 silam, dimana terdapat sekitar 33 ribu korban jiwa pada saat itu.

2. Sungai Orinoco

Hasil gambar untuk Sungai Orinoco

Sungai Orinoco, merupakan sungai yang letaknya berada di Amerika Selatan. Sungai ini melintasi dua negara, yakni Kolombia dan Venezuela, terdapat juga 200 anak sungai serta beberapa air terjun.

Sungai sepanjang lebih dari 2100 kilometer ini merupakan sungai dengan aliran yang cukup deras dan mudah meluap. Hal ini dikarenakan ada daerah yang ada disektiar sungai sudah mulai rusak dan juga banyak warga yang membuka lahan untuk sawit.

Dengan lingkungna yang sudah tidak berasahabat, maka sudah tidak mengherankan jika sungai ini begitu mudah meluap dan membanjiri daerah yang ada disekitarnya. Banjir ini tentu saja bisa menjadi ancaman bagi kebanyakan penduduk lokal yang tinggal di pinggir sungai.

3. Sungai Kongo

Hasil gambar untuk Sungai Kongo

Sungai Kongo merupakan salah satu sungai paling berbahaya yang ada di Afrika dan bahkan didunia.Mungkin tidak ada yang berani untuk mendekati sungai tersebut dikarenakan terdapat banyak sekali hewan buas yang ada disana. Terlebih lagi arus sungai ini merupakan salah satu arus sungai terderas yang ada didunia.

Memiliki panjang 4700 kilometer, sungai Kongo ini merupakan sungai kedua terpanjang di Afrika dan juga menjadi sungai terdalam yang ada didunia. Namun, yang membuat sungai Kongon ini menjadi semakin ditakuti adalah tebing mengerikan yang terdapat pada ujung sungai.

Saking bahayanya tebing tersebut, tebing ini pun diberi dengan nama Gate of Hell. Di tebing inilah seorang praktisi arung jeram yang sudah berpengalaman sekalipun tidak akan pernah berani untuk mengarungi sungai tersebut.

4. Sungai Brahmaputra

Hasil gambar untuk Sungai Brahmaputra

Sungai Brahmaputra, yang letaknya berada di Bangladesh ini memiliki panjang sekitar 2900 kilometer. Sungai ini sering kali digunakan oleh penduduk lokal untuk dijadikan sebagai kebutuhan irigasi dan transportasi, walaupun sungai yang saru ini dapat menyebabkan banjir besar yang merugikan.

Salah satu bahaya yang mengancam disungai ini adalah arusnya yang sangat mematikan. Air pasang juga kerap terjadi di sungai ini, dan jika air pasang ini membentuk pusaran disungai, maka arus tersebut pun dapat menenggelamkan apapun yang ada didalamnya.

5. Sungai Amazon

Hasil gambar untuk Sungai Amazon

 Sungai yang satu ini merupakan salah satu sungai paling terkenal yang ada didunia, sungai apalagi kalau bukan sungai Amazon. Sungai besar ini membentang sepanjang 6400 kilometer. Terdapat sekitar 1100 anak sungai yang mengalir ke Amazon membuat sungai ini menjadi sungai terbesar didunia dalam hal jumlah volume air.

Dikelilingi oleh hutan Amazon yang terkenal dengan habitat liarnya, sungai Amazon juga memiliki banyak hewan buas yang ada didalamnya. Beberapa hewan tersebut bahkan sangat ditakuti oleh penduduk lokal, seperti ular anaconda, hiu air tawar dan ikan piranha.

Sungai serta hutan Amazon ini menyimpan banyak sekali spesies flora dan fauna, bahkan banyak sekali spesies tersebut yang hanya dapat ditemukan di Amazon dan tidak bisa ditemukan di tempat lain. Perenang profesional menyarankan untuk tidak berenang di sungai Amazon karena terdapat banyak sekali bahaya disungai tersebut, termasuk hewan-hewan buas yang membahayakan nyawa.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.