Fakta Menarik-Sempat Menghilang, 7 Kota Legendaris Ini Akhirnya Ditemukan Kembali

Hasil gambar untuk La Ciudad Blanca, Kuli Sang Dewa Monyet

Mungkin kita tidak akan pernah menemukan kota bawah laut Atlantis, jalan emas El Dorado ataupun pegunungan yang damai di Shangri-La. Namun, dengan berbagai sumber yang ada, tempat-tempat seperti ini mungkin tidak akan pernah benar-benar ada, mereka hanyalah merupakan palrian dari imajinasi kita saja, bayangan mengenai keajaiban yang dapat dimiliki oleh dunia.

Namun, ternyata ada beberapa tempat nyata yang sama menakjubkannya dengan kota-kota imajiner tersebut. Selama ratusan tahun lamanya, mereka hanya dikenal melalui cerita dan legenda, sehingga banyak sekali orang-orang yang meragukan jika tempat-tempat tersebut bernar-benar ada. Nyatanya mereka bukan hanyalah mitos, sebenarnya mereka berada di luar saja, menunggu untuk ditemukan oleh para arkeolog saja.

Berikut adalah 7 kota legendari yang sempat hilang namun akhirnya berhasil ditemukan kembali.

1. Dvaraka : Rumah Dewa Krishna

Hasil gambar untuk Dvaraka : Rumah Dewa Krishna

Bagi seorang Hindu, Dvaraka ini mungkin merupakan sebuah kota yang dianggap sangat sakral. Kota ini merupakan kota kuno milik Krishna, kepribadian tertinggi dari Dewa Wisnu yang hidup dibumi pada 5.000 tahun yang lalu.

Dvaraka ini dibangun oleh arsitek para dewa di bawah pemerintahan Krishna sendiri, yang menginginkan sebuah kota yang dibangun dengan bahas kristal, perak dan zamrud. Ia juga menuntut agar 16.108 istana dibuat untuk 16.108 ratunya. Namun, kota ini akhirnya dihancurkan dalam pertemuran dahsyat antara Krishna dan Raja Salva yang memusnahkan kota tersebut menggunakan ledakan energi.

Itu semua mungkin terdengan seperti akhir baginya, hingga para arkeolog ini pun menjelajahi laut dimana Dvaraka yang seharusnya berada pada tahun 1988 dan benar-benar menemukan reruntuhan kota yang sesuai dengan deskripsi.  Kota ini memang tidak memiliki 16.108 istana dengan perak, namun dapat berdiri dengan tata letak yang sangat persis seperti dengan gambaran didalam legenda.

Ada juga alasan untuk meyakinkan bahwa Dvaraka yang asli mungkin dibangun pada 9.000 tahun yang lalu, ini pun menjadikannya sebagai salah satu kota tertua dibumi. Pada puncaknya, Dvaraka menjadi salah satu kota pelabuhan tersibuk yang ada didunia, kemudian pada milenium kedua SM runtuh kedalam air seperti yang diceritakan didalam legenda.

2. Great Zimbabwe, Kastil di Tengah Daratan Afrika

Hasil gambar untuk Great Zimbabwe, Kastil di Tengah Daratan Afrika

Pada awal abad ke-16, penjelajah Portugis melaporkan jika mereka telah mendegar legenda mengenai tentang sebuah kastil yang ada di Afrika. Di wilayah yang sekarang ini dikenal sebagai Zimbabwe, penduduk lokal memberi tahu mereka jika ada benteng batu yang menjulang tinggi diatas pohon. Para penduduk setempat pun menyebut tempat tersebut sebagai "Symbaoe" dan tidak mengetahui siapa yang membangunnya.

Seorang penjelajah menuliskan jika bangunan-bangunan tersebut dibuat oleh iblis karena orang-orang yang ada di tanah tersebut tidak mengetahui tentang seni dan tidak ada catatan, karena sebagai perbandingan dengan kekuatan dan pengetahuan mereka, tampaknya tidak mungkin bagi mereka jika bangunan tersebut dibuat oleh manusia.

Selama berabad-abad, orang Eropa hanya menganggap Symbaoe sebagai sebuah cerita takhayul. Kemudian, pada abad ke-19, mereka benar-benar menemukannya. Disana, di Zimbabwe terdapat sebuah kastil besar dengan dinding batu yang memiliki tinggi lebih dari 11 meter.

Kastil ini dibuat pada tahun 900 M oleh peradaban Afrika yang sudah hilang. Dibalik bentengnya, semua peninggalan dari seluruh dunia ditemukan, kemungkinan besar akan dikumpulkan dengan cara berdagang dengan negara lainnya. Ada juga koin Arab, tembikar Persia dan bahkan terdapat juga peninggalan dinasti Ming yang berasal dari Tiongkok.

Kastil ini merupakan bukti mengenai peradaban Afrika yang hilang dan tidak tercatat oleh sejarah, yang mungkin akan menunjukkan rute perdangan pertama dari Afrika ke daratan Tiongkok.

3. Xanadu , Istana Musim Panas Kubilai Khan

Hasil gambar untuk Xanadu , Istana Musim Panas Kubilai Khan

Diceritakan bahwa Marco Polo kembali dari Tiongkok dengna beberapa deskripsi luar biasa mengenai kerajaan Kubilai Khan. Menurut Marco Polo sendiri, hal tersebut merupakan hal yang paling luar biasa di sana adalah ketika dirinya berada di Xanadu, istana musim panas milik Khan yang agung.

Xanadu atau Shangdu, kata Marco Polo, merupakan istana marmer yang dikelilingi oleh taman besar yang memiliki lebar hingga 26 kilometer yang dipenuhi dengan air mancur, sungai hingga binatang liar. Disana, Khan menyimpan sekitar 10.000 kuda putih di istana emas yang dijaga oleh seekor naga. Singkatnya adlaah , itu merupakan bagian dari surga dan tidak terlihat di bumi.

Sayangnya, istana ini telah dihancurkan oleh tentara Ming pada tahun 1369, jauh sebelum kebanyakan orang Eropa mendapatkan kesempatan untuk melihatnya. Setelah berabad-abad berlalu, tempat ini pun hanya dianggap sebagai sebuah legenda yang ditulis oleh penyihir.

Namun, semenjak situs istana Kubilai Khan terungkap, kita pun menemukan fakta jika Marco Polo tidak melebih-lebihkan apa yang telah dibicarakan olehnya. Rumah Khan bahkan dua kali lebih besar dibandingkan dengan Gedung Putih, dikelilingi oleh taman besar yang terlihat pernah menjadi peternakan binatang liar dari seluruh dunia.

Terdapat juga landai bagi kuda disetiap sisinya, bahkan juga memiliki naga seperti yang sudah dijelaskan oleh Marco Polo. Naga disini merupakan patung-patung yang duduk diatas pilar-pilar yang telah dicat menggunakan warna kuning, dan telah diposisikan persis seperti yang telah dikatakannya.

4. Sigiriya, Keajaiban Dunia ke-8

Hasil gambar untuk Sigiriya, Keajaiban Dunia ke-8

Pada abad ke-5 M, di Sri Lanka, Raja Kassapa membangun istananya di atas sebuah batu yang memiliki tinggi sekitar 200 meter. Menurut legenda yang beredar, Sigiriya merupakan salah satu istana paling luar biasa yang pernah dibuat didunia. Untuk memasuki tempat ini, seseorang harus berjalan dulu menaiki sebuah tangga yang besar dan melewati mulut singa yang besar.

Kassapa tidak tinggal lama di istananya karena tidak lama setelah istana tersebut selesai, saudaranya, Mogallana, menyerang istana tersebut. Pasukan Kassapa pun meninggalkan tempat tersebut karena mereka masih ingin hidup, dan istrinya pun melompat dari salah satu sisi dari istana hingga tewas. Istana ini pun akhirnya ditinggalkan begitu saja sebagai monumen. Untuk sementara waktu, Sigriya ini pun menjadi sebuah biara Budha dan mulai dilupakan oleh waktu.

Ketika para arkeolog Eropa mulai menyelidiki kisah tersebut, mereka pun segera mengetahui jika istana tersebut memang benar adanya. Memang terdapat sebuah singa besar yang menjaga tangga dan seseorang harus benar-benar berjalan melalui mulutnya untuk masuk kedalam. Didalamnya tersebut, bahkan dapat dua kali lebih luar biasa daripada apa yang telah dikatakan oleh legenda.

Pada suatu bagian, terdapat sebuah tembok puth yang berkilau yang memiliki fungsi sebagai cermin, sehingga raja dapat melihat sendiri bayangannya ketika diirnya berjalan melewati istananya tersebut. UNESCO pun menyebutkan jika Sigiriya telah dijadikan sebagai keajaiban ke delapan didunia, dan hari ini menjadi salah satu tujuan destinasi wisata yang paling populer di Sri Lanka.

5. Vinland, Negeri Bangsa Viking yang Kaya

Hasil gambar untuk Vinland, Negeri Bangsa Viking yang Kaya

Pada tahun 1073 M, dikisahkan bahwa terdapat seorang cleric Jerman yang bernama Adam dari Bremen ini pernah berbicara dengan raja Denmark, Sven Estridsson.

Bangsa Viking, ucap Estridsson kepadanya, telah berlayar melalui Samudra Atlantik dan berhasil menemukan tanah yang jauh dimana semuanya tumbuh tanpa adanya batasan. Tempat itu disebut dengan Vinland, ucap Adam, karena tanamannya yang merambat tumbuh disana atas kemauan mereka sendiri. Dia bukanlah salah satu orang yang menceritakan kisah tersebut.

Bangsa Viking sendiri bahkan sudah menceritakan hal tersebut sendiri, mengatakan jika mereka telah bertarung dengan penduduk asli yang tinggal di tempat tersebut, yang diberi dengan nama Skraelingar. Skraelingar, ucap mereka, menggunakan pakaian putih dan tinggal didalam gua. Ketika mereka sedang menyerang, mereka pun membawa sebuah tongkat yang panjang sambil berteriak dengan keras.

Vinland pun dianggap sebagai salah satu mitos Viking selama berabad-abad lamanya, bahkan setelah Spanyol berhasil ke benua Amerika. Membutuhkan  waktu hingga tahun 1960-an untuk mengungkapkan kebenarannya. Di L'Anse aux Meadows, Newfoundland, Kanada, para arkeolog berhasil menemukan sisa-sisa dari pemukiman Viking yang dibuat pada abad ke-11. Vinland yang selalu diceritakan mereka dulu.

6. Heracleion, Kota Mesir yang Tenggelam

Hasil gambar untuk Heracleion, Kota Mesir yang Tenggelam

Heracleion nampaknya hampir muncul pada setiap mitos Yunani. Itu merupakan kota pertama tempat dimana Heracles mengambil langkah pertamanya untuk ke Afrika. Itu merupakan tempat Paris dari Troy dan istrinya, Helen, bersembunyi dari Menelaus sebelum terjadi Perang Troya. Pada awalnya, kita tidak mengetahui jika dimana letak dari kota ini yang sebenarnya.

Ternyata, terdapat sebuah alasan mengapa para peneliti tidak lagi dapat menemukan salah satu pelabuhan terpenting yang ada di Mesir ini, karena ppelabuhan ini berada dibawah permukaan air. Sekitar 2.200 tahun yang lalu, kemungkinan besar bahwa Heracleion dilanda oleh gempa bumi atau tsunami hingga tenggelam, sampai akhirnya ada penyelam yang berengan dilepas pantai Mesir dan menemukannya pada awal tahun 2000-an.

Pada saat itu, mereka sedang menemukan sebuah batu aneh di bawah air, ketika mereka membawanya ke permukaan, mereka pun menyadari jika itu merupakan potongan dari UU Kuno. Mereka pun kembali menyelam untuk melihat apa yang ada dibawah sana. Dengan segera, mereka pun menemukan patung, permata, bahkan reruntuhan kuil Mesir Kuno yang tenggelam.

Sebagian besar dari kota tersebut masih terlihat utuh. Para penyelam pun dapat menemukan prasasti yang besar yang dipasar sebagai pemberitahuan bagi pengunjung, untuk memperingatkan mereka dalam huruf hieroglif mengenai hukum pajak Mesir. Mereka pun menemukan patung-patung dewa Mesir Kuno, masih dalam bentuknya yang utuh dengan ikan-ikan yang berenang disekitar mereka.

Heracleion merupakan sebuah kota hilang yang ditarik dari kedalaman air dan dan berhasil kembali dihidupkan.

7. La Ciudad Blanca, Kuli Sang Dewa Monyet

Hasil gambar untuk La Ciudad Blanca, Kuli Sang Dewa Monyet

Dalam usahanya untuk mencari emas, Hernan Cortes pun mendengarkan desas-desus jika terdapat sebuah kota yang memiliki kekayaan yang besar dan tersembunyi di dalam hutan hujan Honduras. Kota tersebut diberi nama sebagai Kota Putih bagi beberapa orang dan Kota Dewa Monyet oleh beberapa orang lainnya dan dijanjikan jika kota ini memiliki kekayaan yang sangat luar biasa didalamnya.

Cortes sendiri memang tidak pernah menemukannya, namun legenda tersebut terus saja hidup. Banyak rumor mengatakan jika ada beberapa orang yang telah menemukan tempat tersebut, namun untuk alasan apapun, tidak dapat dikatakan dimana tempat tersebut, sehingga kota tersebut tidak lebih menjadi lebih dari sebuah legenda. Hal ini pun berlangsung hingga para arkeolog mungkin benar-benar menemukannya.

Sekelompok orang telah mengikuti jalan yang telah digambarkan oleh seorang yang gila dan mengklaim jika mereka telah menemukan tempat tersebut. Yang mengejutkannya adalah mereka benar-benar menemukan kota tersebut persis seperti yang telah ditunjukkan.

Mereka berahsil menemukan sebuah piramida didalam hutan hujan yang dibangun oleh budaya yang telah hilang 1.000 tahun yang lalu. Didalamnya juga terdapat sebuah patung batu dan arsitektur yang mengesankan yang menurut standar kerajaan tetangga, mereka akan dianggap sebagai salah satu tanda kekayaan dan kekuatan yang luar biasa.

Beberapa orang ada yang meragukan tempat yang ditulis oleh Cortes ini, namun jika tidak ada bukti lain yang kuat, maka ini merupakan bukti dari peradaban yang hilang dan sudah dilupakan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.