Berita Global Terkini-5 Kota yang Diprediksi Akan Tenggelam pada 2050, Termasuk Jakarta?

Hasil gambar untuk ilustrasi banjir

Pada masa yang akan tiba, lebih tepatnya pada tahun 2050 antninya yang dimana akan diprediksikan bahwa zaman akan semakin maju, ternyata ada juga beberapa kota didunia ini yang akan tenggelam.

Kondisi pemanasan global, buruknya pengelolaan lingkungan hidup dan rendahnya letak beberapa kota ini pun menjadi sebab utama mengapa kota-kota besar ini diprediksikan akan tenggelam.

Inilah lima kota didunia yang diprediksikan akan tenggelam pada tahun 2050 mendatang, kota apa sajakah?

1. Venesia, Italia

Hasil gambar untuk Venesia, Italia

Jika anda ingin berwisata ke Venesia mungkin anda harus melakukannya sebelum tahun 2050 tiba. Soalnya, kota cantik di Italia ini diprediksikan akan tenggelam pada tahun 2050 mendatang.

Saat ini saja Venesia sudah sering kali tergenang air, dan memang letaknya yang hampir sejajar dengan permukaan laut membuat banyak warga kota pun khawatir dengan keberlangsungan kota yang memiliki luas sekitar 414.000 kilometer persegi ini.

Pelan tapi pasti, kota ini akan tenggelam. Hal ini sudah dibuktikan melalui pencitraan sateliat, dimana daerah kota yang tenggelam sudah semakin luas dan tidak ada lagi banyak hal yang dapat dilakukan.

2. Dhaka, Bangladesh

Hasil gambar untuk Dhaka, Bangladesh

Bangladesh merupakan salah satu negara yang paling sering dilanda bencana alam, termasuk banjir besar. Dhaka yang merupakan ibukota Bangladesh ini ternyata juga diprediksikan bakal tenggelam pada tahun 2050 mendatang.

Diberitakan jika kota yang memiliki populasi hampir 10 juta jiwa ini dapat menghilang akibat dimakan air laut. Tidak hanya Dhaka saja, beberapa kota di Bangladesh ini juga akan tenggelam pada 20 hingga 30 tahun kedepan.

Untuk saat ini, masih banyak kota di Bangladesh yang mudah banjir akibat naiknya air laut. Belum lagi jika terjadi hujan deras didaerah tersebut, tentunya akan semakin berbahaya karena banyaknya debit air yang meningkat dan hanya akan menambah beban kota saja.

3. Houston, Amerika Serikat

Hasil gambar untuk Houston, Amerika Serikat

Negara maju seperti Amerika ini pun rupanya memiliki kota yang paling sering mengalami kebanjiran dan diprediksikan jika kota ini akan tenggelam pada 30 tahun kedepan.

Kota yang memiliki penduduk sekitar 6 juta jiwa ini menjadi sebagai salah satu kota yang mengalami penuruan tanah yang paling cepat di Amerika Serikat.

Data geologi Amerika pun mencatatkan jika Houston Texas terus saja mengalami penurunan hingga 2 inci per tahunnya. Bahkan kota ini juga sering kali mengalami akumulasi penurunan hingga 12 kali sejak tahun 1920 lalu.

4. Aleksandria, Mesir

Hasil gambar untuk Alexandria, Mesir

Aleksandria merupakan kota kedua terbesar di Mesir, yang dimana pusat pelabuhan pun terdapat di kota tersebut. Namun sayangnya, kota yang memiliki penduduk sekitar 5 juta jiwa ini diprediksikan akan tenggelam pada beberapa dekade kedepan.

Naiknya permukaan air laut di Mesir pun menjadikan kota pelabuhan ini harus bertindak bagaimana caranya untuk selamat setidaknya dalam seratus tahun kedepan. Dengan sejarah kota yang sangat melegenda di tangan Aleksander Agung pada masa lalu, rasanya sangat sayang sekali jika kota ini tenggelam.

5. Jakarta,Indonesia

Hasil gambar untuk Jakarta,Indonesia

Kota yang dicap sebagai salah satu kota yang paling padat dan paling sibuk di Indonesia ini diprediksikan bakal tenggelam dalam beberapa dekade pada masa yang akan tiba. Bahkan Jakarta sendiri diklaim sebagai salah satu kota yang memiliki tingkat penurunan tanah paling cepat didunia.

Beberapa bagian kota di Jakarta ini juga tenggelam dan mengalami penurunan hingga 25 cm per tahunnya. Ini berarti jauh lebih cepat ketimbang kota-kota pesisir lainnya yang ada di dunia. Hampir setengah dari kota Jakarta pada saat ini berada sejajar dengan permukaan laut, bakan juga beberapa bagian yang ada di Jakarta ini sudah berada dibawah permukaan laut.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.