Fakta Menarik-5 Fakta Unik Manusia Serigala, Jangan Salah Kaprah!

Hasil gambar untuk werewolf

Apakah ada dari kalian yang menyukai film horor barat yang menyajikan cerita mengenai manusia serigala. Jika kalian suka menontonnya, pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Werewolf yang berasal dari Eropa ini kan? Manusia serigala ini merupakan sosok fiktid yang sangat identik dengan bulan purnama.

Faktanya, walaupun termasuk kedalam golongan mitos, kehadiran manusia serigala ini juga dipercayai secara nyata bagi sebagian besar orang. Bahkan banyak orang pada zaman modern ini  masih salah kaprak karena menganggap bahwa manusia serigala ini pernah benar-benar ada.

Tentunya pasti kalian penasaran dengan mahluk mitos yang satu ini kan? Inilah lima fakta mengenai mahluk mitos yang satu ini.

1. Legenda mengenai mahluk yang satu ini sudah sangat tua

Hasil gambar untuk werewolf

Cerita mengenai manusia serigala nyatanya memiliki sejarah yang sangat tua sekali, bahkan tidak diketahui sejak kapan mahluk mitos ini muncul dalam cerita-cerita rakyat di dunia barat sana. Namun, beberapa sejarawan percaya jika cerita mengenai manusia serigala bisa muncul pada cerita epos Gilgames, sekitar abad ke-7 sebelum masehi.

Gigames sendiri merupakan sosok raja yang termasuk dalam cerita legenda Sumeria kuno, yang juga menjadi seorang pahlawan dan tokoh sentral dalam sejarah Mesopotamia kuno. Namun lagi0lagi penampakan manusia serigala dalam cerita manuskrip tersebut masih sangat samar.

Ada juga sejarawan yang mengatakan jika legenda mengenai manusia serigala ini muncul dari negeri Yunani kuno, yakni pada zaman dewa-dewi kuno Yunani. Menurut cerita rakyat Yunani, pada saat itu, Dewa Zeus sempat mengutuk anak-anak yang berasal dari dewa yang lainnya menjadi serigala. Namun, cerita ini tentu saja dianggap absurd.

2. Kebanyakan orang Eropa pada abad pertengahan masih percaya mengenai keberadaan dari manusia serigala

Hasil gambar untuk werewolf

Faktanya, di Eropa yang tepatnya pada abad ke-15, ternyata masih banyak sekali orang yang percaya mengenai mahluk mitos seperti manusia serigala ini. Sejumlah takhayul seperti vampir, manusia serigala ataupun mahluk-mahluk mitos lainnya ini tersebar dimana-mana.

Yang parahnya lagi adalah terdapat beberapa pembunuhan berantai yang mengaku jika mereka merupakan manusia serigala. Pada tahun 1521 di Prancis, terdapat sebuah pembunuhan sadis yang dilakukan terhadap anak-anak dan pelaku pembunuhan tersebut mengaku jika dirinya merupakan manusia serigala.

Dengan kuatnya kepercayaan orang Eropa,  mereka pun menjatuhkan hukuman kepada pelaku tersebut dengan cara dibakar secara hidup-hidup. Cara ini diyakini paling ampuh untuk membunuh manusia serigala.

3. Ahli psikologi modern percaya jika konsep manusia serigala ini muncul karena delusi

Hasil gambar untuk werewolf

Mari kita tepikan dulu pendapat mengenai legenda manusia serigala yang katanya merupakan kutukan kuno. Faktanya adalah, mahluk mitos manusia serigala ini hnayalah sebuah khayalan dari seseorang yang mengalami delusi. Dengan kata lain, manusia serigala ini muncul diakibatkan dari seseorang yang mengalami sakit mental.

Terdapat sebuah kelainan mental yang dinamakan dengan Lycanthropy kllinis yang membuat penderitanya memiliki delusi jika ia merupakan seorang manusia serigala. Kelainan atau penyakit ini pun merupakan kelainan yang sangat langka sekali.

Banyak juga orang yang mengalami sakit mental, sering berhalusinasi atau pun berdelusi jika ia merupakan sosok-sosok tertentu, seperti pahlawan super, dewa atau dewi, bahkan mahluk-mahluk khayalan mereka sendiri, seperti vampir hingga manusia serigala. Semuanya sama, delusi akibat kelainan mental.

4. Hypertrichosis, sndrom langka yang dianggap mirip dengan manusia serigala

Hasil gambar untuk Hypertrichosis


Terdapat sebuah sindrom langka yang bernama hypertrichosis. Sindrom ini adalah sindrom yang terjadi dimana kondisi ketika rambut-rambut tumbuh berlebihan pada tubuh seseorang, terutama pada bagian wajah. Kelainan langka ini juga akibat dari faktor genetik yang biasanya diturunkan dari generasi ke generasi.

Namun, sindrom seperti ini bukanlah sindrom yang harus ditakuti akrena biasanya seseorang hanya akan mencukur dengan sering bagian tubuh yang ditumbuhi rambut saja. Beberapa terapi medis modern juga sudah ada dan akan sangat membantu bagi para penderita.

Pada zaman dulu, sindrom ini amat ditakuti. Itu akibat dari takhayul yang berkembang dengan pesat di Eropa pada abad pertengahan. Pada zaman tersebut, banyak sekali orang yang mempercayai jika kelainan langka ini merupakan wujud dari manusia serigala. Maka dari itu, tidak jarang penderita dari sindorm ini akan diperlakukan dengan brutal pada abad pertengahan.

5. Dunia hiburan yang menceritakan kisah manusia serigala selalu laris manis

Hasil gambar untuk twilight wolf

Coba kalian perhatikan, pada setiap novel ataupun film-film Hollywood yang bercerita mengenai manusia serigala sering kali laris manis di pasaran. Apalagi jika dalam cerita tersebut juga dimasukan tokoh mitos yang lainnya seperti vampir.

Bahkan, ada juga yang berpendapat jika munculnya mahluk-mahluk aneh seperti ini akibat dari imajinasi dari para pengarang novel atau film tersebut. Tujuaannya dalah untuk menghasilkan keuntungan sebanyak mungkin.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.