Berita Teknologi Terkini-Pasar Indonesia Dikuasai oleh 7 Brand HP Ini, Apa Sajakah?

Hasil gambar untuk Asus

Jika kita melihat dari statistik global, terdapat sekitar 75,27 % pengguna smartphone menggunakan OS Android dan 22,74% sisanya menggunakan iOS. Namun, bagaimana bila market share berdasarkan merek smartphone? Siapakah yang akan merajai pasar di Indonesia?

Daripada menebak, mending jawabannya kalian temukan di bawah ini!

1. Samsung (25,75%)

Hasil gambar untuk Samsung

Pada urutan pertama, terdapat Samsung yang berhasil menguasai pasar smartphone di Indonesia, Pada Mei 2019, Samsung memiliki market share pada angka 25,75%. ANgka tersebut cenderung turun bila dibandingkan dengan tahun lalu, pada bulan Mei 2018 dimana Samsung memiliki market share pada angka 29,34 %.

Beberapa tipe smartphone Samsung ini yang memiliki penjualan paling laris diantaranya adalah Samsung Galaxy S10, Samsung Galaxy Note 9, Samsung Galaxy A9 dan lainnya. Samsung merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia yang didirikan oleh Lee Byung Chull pada 1 Maret 1938 di Daegu, Korea Selatan, Hingga saat ini, Samsung telah beroperasi di 58 negara dan telah memiliki pekerja hingga 208.000 orang.

2. Xiaomi (20,98%)

Hasil gambar untuk Xiaomi

Diposisi kedua terdapat Xiaomi yang memiliki market share pada angka 20,98% pada periode Mei 2019. Bila kita bandingkan dengan statisik pada bulan Mei 2018 hanya terdapat sebesar 17,89% saja, angka ini tentu saja cenderung meningkat. Walaupun kenaikannya tidak drastis, namun ini merupakan kabar yang segar bagi Xiaomi.

Beberapa tipe martphone Xiaomi yang dikatakan sebagai best seller adalamh Xiaomi Mi 9, Xiaomi Mi 8 Pro, Xiaomi Mi Mix 3, dan lain-lain. Xiaomi dikenal memiliki keunggulan dan segi ahrga yang dimana harga yang ditawarkan oleh Xiaomi ini tergolong sangat terjangkau namun fitur yang ditawarkan tidak main-main. Xiaomi sendiri jgua merupakan sebuah perusahaan elektronik asal China yang memiliki pusat di Beijing.

3. Oppo (18,42%) 

Hasil gambar untuk Oppo

Pada urutan ketiga terdapat Oppo yang memiliki market share sebesar 18,42% pada periode Mei 2019. Sama halnya seperti Xiaomi, Oppo juga mengalami kenaikan market share. Pada Mei 2018, market share Oppo hanya sebesar 13,35% saja, hingga akhirnya terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Pada tahun 2019, samrtphone buata Oppo yang paling banyak diminati adalah Oppo Reno, Oppo F9 Pro, Oppo A7 dan Oppo A5. Oppo sendiri merupakan salah satu smartphone yang memiliki keunggulan pada kamera selfie yang mereka miliki, fitur fast charging hingga memiliki desain yang elegan. Oppo sendiri adalah perusahaan elektronik yang memiliki pusat di Dongguan, Guandong, China.

4. iPhone (5,52 %)

Hasil gambar untuk iPhone

Smartphone buatan Apple ini harus merasa puas bertengger pada peringkat ke empat pasar digital Indonesai. Pada periode Mei 2019, iPhone hanya mendapatkan angka sebesar 5,52 % saja, hanya meningkat sedikit dari Mei 2018 yang berada pada angka 3,77% saja. Hal ini pun diperngaruhi oleh berbagai hal seperti harga yang mahal, kapasitas baterai yang kecil serta tidak memiliki slot untuk meletakkan memori eksternal.

Walaupun begitu, iPhone memiliki keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki oleh smartphone lain dan memiliki kamera yang lebih baik, privasi yang lebih aman dan update software yang lebih cepat. Beberapa seri iPhone yang laris manis dipasaran adalah iPhone XS,iPhone XR,iPhone XS Max, dan iPhone 8 Plus. iPhone sendiri merupakan produk dari Apple, perusahaan multinasional yang memiliki markas di Cupertino, California.

5. Asus (4,08%) 

Hasil gambar untuk Asus

Tertinggal jauh dari rivalnya, Asus harus puas dengan market share sebesar 4,08% saja. Angka ini cenderung menurun dari periode Mei 2018 yang berhasil mencatatkan pada angka 4,98%. Alasan Asus mengalami ketertinggalan terdapat beberapa alasan, mulai dari kurang inovatif hingga kalah bersaing dari para kompetitornya, hingga Asus dikenal sebagai smartphone yang cenderung cepat mengalami overheat, itu pun membuat orang untuk berpikir dua kali lagi sebelum membeli produk ini.

Namun, Asus kini telah memiliki smartphone yang dikatakan sebagai best seller, seperti Asus Zenfone AR, Asus Zenfone 3 Deluxe, Asus Zenfone 3 Ultra, hingga Asus Zenfone Zoom S. Asus sendiri merupakan sebuah perusahaan teknologi berbasis Taiwan yang lebih dikenal sering memproduksi latop ataupun produk yang memiliki kaitan dengan komputer.

6. Lenovo (1,85%)


Hasil gambar untuk Lenovo

Semakin tertinggal jauh, Lenovo hanya memiliki market share sebesar 1,85%  pada periode Mei 2019. Angka ini pun tergolong sangat rendah karena pada Mei 2018 Lenovo saja berhasil mencatatkan market share pada angka 3,67%. Sama halnya seperti Asus, Lenovo tertinggal karena kurangnya inovasi dan kalah bersaing dengan smartphone yang ada.

Meskipun begitu, terdapat beberap hp Lenovo yang direkomendasikan untuk anda miliki adalah Lenovo Z2 Plus, Lenovo P2, Lenovo K5 Power dan Lenovo Vibe K5 Note. Lenovo sendiri merupakan perusahaan teknologi multinasional yang memiliki markas di Beijing.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.