Berita Teknologi Terkini-Menguak 7 Mitos Dark Web, Apa Saja yang Sebenarnya Ada di Sana?

Hasil gambar untuk dark web

Apakah salah satu dari anda pernah mendengarkan kata dark web? Dari namanya saja mungkin sudah terdengar sangat menyeramkan. Darkweb atau darknet merupakan bagian dari internet yang tak dapat diakses oleh sembarangan orang. Untuk mengakses ke dalam darkweb ini, anda harus memerlukan software tertentu yang dapat membuat anonim dan tidak dapat dilacak dengan mudah.

Banyak sekali orang yang beranggapan jika dark web dan deep web merupakan kedua hal yang sama. Namun nyatanya terdapat beberapa poin yang bisa membedakan kedua hal tersebut. Perlu diketahui jika dark web ini letaknya lebih dalam dibandingkan dengan deep web. Dark web ini terletak pada sebagian situs dan deep web dan biasanya selalu berkaitan dengan aktivitas kriminal serta pasar gelap atau black market.

Namun, banyak sekali rumor tidak benar yang beredar tentang dark web. Terus sebenarnya apa yang terjadi didark web sana? Berikut akan kami jelaskan.

1. Tidak Hanya Orang Yang Jahat Saja Menggunakan Dark Web

Hasil gambar untuk dark web

Orang tidak hanya menggunakan dark web untuk mencari barang-barang illegal serta konten yang menggangu. Namun, terdapat juga beberapa otak kriminal yang masih berkeliaran didalam sana, namun terdapat juga orang-orang yang berasal dari pemerintahan, jurnalis, advokat serta pegawai dari perusahaan internet seperti di Facebook, DuckDuckGo hingga ProPublica.

Namun, perlu anda ketahui bahwa dark web ini memang banyak sekali disalahgunakan oleh orang banyak. Studi pun menunjukkan jika sekitar 80% para penggunanya memiliki keterkaitan dengan pedofilia. Ada pula orang yang menggunakan dark web ini untuk menjual barang ilegal, konten pembunuhan dan lain-lain.

2. Tidak Semua Kejahatan Siber Terjadi Berasal Dari Dark Web

Hasil gambar untuk dark web

Nyatanya, hampir seluruh kejahatan siber yang terjadi pada web biasanya kita gunakan atau clearnet. Memang dari dark web sendiri banyak sekali dipergunakan oleh para penjahat siber yang biasanya ingin mengumpulkan serta menukar informasi. Sebab diluar sana banyak sekali forum underground hacking, marketplace illegal serta layanan yang lainnya. Namun bukan berarti seluruh kejahatan internet berasal dari dark web.

3. Dark Web Bisa Diakses Oleh Siapa Saja

Hasil gambar untuk dark web

Banyak sekali yang beranggapan jika dark web itu tersembunyi, dirahasiakan serta jauh dari keramaian internet. Namun, sebenarnya siapa saja dapat mengakses dark web menggunakan Tor Browser yang gratis. Browser tersebut telah dimodifikasi oleh Firefox sehingga bisa mendapatkan extension untuk privasi dan keamanan.

4. Mengakses Dark Web Tidak Selalu Ilegal

Hasil gambar untuk dark web

Dark web sendiri bukanlah sebuah hal yang ilegal. Namun, mereka menggunakan sebuah sandi yang kuat agar situs, layanan serta penggunananya akan tetap aman. Pada beberapa negara, penggunaan kata sandi yang kuat nyatanya dilarang. Contohnya saja di China yang dimana mereka dilarang untuk menggunakan Tor Browser serta VPN.

Lain lagi halnya dengan negara Amerika Serikat. Mengakses kedalam dark web sama halnya mengakses clearnet. Namun apa yang dilakukan oleh mereka didalamnya dapat menjadi ilegal. Misalnya saja membeli obat-obatan terlarang.

5. Privasi Belum Tentu Terjaga Dengan Aman di Dark Web

Hasil gambar untuk dark web

Dark web memang harus menggunakan sandi serta extension yang dapat meningkatkan privasi dan kemanan dari pengaksesnya. Namun bukan berartti anda akan diproteksi secara utuh. Ingat sekali lagi, bahwa diluar sana banyak sekali hacker yang sedang berkeliaran untuk mencari mangsa mereka. Mereka bisa saja dengan mudah mengetahui siapa-siapa saja yang sedang mengunjungi pada situs-situs tertentu..

Selain itu juga, perlu anda ketahui jika anda masih dapat mengakses clearnet melalui Tor Browser. Sandi tidak akan terbaca ketika anda sedang berada pada web yang biasa. Oleh sebab itu, jejak anda masih akan tetap bisa dideteksi.

6. Ia Merupakan Bagian Dari Internet Yang Sangat Kecil

Hasil gambar untuk dark web

Pernyataan tersebut ternyata salah besar. Dark web merupakan sebuah bagian kecil dari internet. Hanya terdapat 7 ribu hingga 30 ribu situs saja yang terdapat pada dark web.

Ini sangat kecil sekali bila kita bandingkan dengan jumlah situs pada web biasa yang dapat mencapai angka satu miliar. Bagian besar dari internet ini sebenarnya adalah deep web. Sebab deep web sendiri terdiri tidak dapat anda akses secara publik.

7. Sebenarnya Apa Kegunaan Dari Dark Web?

Hasil gambar untuk dark web

Seperti yang sudah dijelaskan pada sebelumnya bahwa tidak seluruh situs yang terdapat didalam dark web buruk. Disana banyak sekali intel yang dapat melacak pelaku kejahatan internet, masyarakat China dapat mendiskusikan apapun tanpa adanya proteksi dari The Great Firewall dan lain-lain.

Memang tidak ada salahnya jika orang mengatakan jika pada umumnya dark web digunakan untuk melakukan aksi kriminal. Namun realitasnya terllau dilebih-lebihkan.

Sebenarnya dark web muncul sendiri sebagai janji dari Wordl Wide Web. Mereka hanya ingin memastikan bawha setiap orang dapat melakukan apapun, berdiskusi tentang apa saja, tanpa takur terkena sensor. Karena semakin banyak negara yang melakukan sensor internet, maka dark web pun semakin berkembang hingga diminati oleh para warganya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.