5 Desa Ini Letaknya Tertinggi di Dunia, Dingin dan Bebas Banjir

Hasil gambar untuk Tuiwa Tibet, Tiongkok.

Didunia ini, rupanya terdapat beberapa kota ataupun desa yang letaknya sangat tinggi, bahkan ketinggiannya bisa memiliki kilometer diatas permukaan laut. Namun, tidak dapat semua orang bisa bertahan hidup dengan nyaman di kota-kota tersebut.

Untuk tinggal di tempat seperti itu harus memerlukan kekuatan fisik dan juga kebiasaan secara turun temurun agar kuat untuk menjadi penghuni dari kota-kota tersebut. Lalu, kota-kota atau desa yang memiliki letaknya paling tinggi didunia ini?

1. Damxung Tibet, Tiongkok

Hasil gambar untuk Damxung Tibet, Tiongkok

Damxung merupakan sebuah daerah terpencil yang merupakan bagian dari kawasan kota Lhasa yang berada di Tibet. Damxung ini sebenarnya lebih tepat disebut sebagai kawasan pedesaan daripada kawasan kota. Namun banyaknya wisatawan asing yang berkunjung ke daerah ini, Damxung pun menjadi salah satu kawasan yang cukup padat di Tibet.

Dengan ketinggian kurang lebih 4700 meter di atas permukaan laut ini, Damxung memiliki suhu yang sangat dingin. Tidak heran jika seluruh warga lokal di Damxung ini selalu menggunakan pakaian yang tebal dan memiliki kekebalan tubuh yang lebih kuat dibandingkan dengan warga Tibet yang tinggal di daerah yang rendah.

Tidak hanya menyajikan pemandangan alam yang luar biasa indah saja, namun Damxung juga seringkali dikunjungi oleh turis yang meyukai wisata pegunungan. Dengan adanya beberapa atraksi yang diselenggarakan pada setiap tahunnya, Damxung pun kerap dikunjungi oleh para turis.

2. Karzok, India

Hasil gambar untuk Karzok, India

Karzok atau Korzok ini merupakan sebuah daerah kota kecil atau sebuah desa di India yang memiliki letak yang sangat tinggi sekitar 4570 meter di atas permukaan laut.

Karzok sendiri juga dinobatkan sebagai kota tertinggi dibumi yang dapat diakses menggunakan kendaraan roda empat. Dengan cuaca yang sangat dingin ini tentunya membuat semua orang tidak bertahan lama untuk tinggal di kota ini.

Jika anda memang menyukai wisata yang terbilang cukup ekstrim, mungkin anda dapat mengunjungi Karzok. Dengan posisi yang curam serta kadar oksigen yang tipis, akan membuat jantung anda berdetak kencang. Namun perjuangan yang kalian lakukan akan terbayarkan dengan keindahan alam pegunungan yang sangat luar biasa.

3. Wenquan, Tiongkok

Hasil gambar untuk Wenquan, Tiongkok

Wenquan merupakan salah satu kawasan penduduk yang memiliki letak yang sangat tinggi, yakni lebih dari 5000 meter diatas permukaan laut.

Dengan memiliki ketinggian seperti itu, tentunya kadar oksigen ditempat tersebut sangatlah tipis dan tidak semua orang dapat tinggal di Wenquan. Beberapa jasa tur wisata ke daerah ini juga akan memberikan syarat yang cukup ketat kepada para peserta tur, salah satunya adalah wajib untuk memiliki laporan kesehatan jantung dari dokter spesialis.

Jika anda memang ingin mengunjungi tempat seperti ini, sebaiknya anda harus mempersiapkan diri anda sebaik mungkin. Karena kadar oksigen yang rendah pada ketinggian dapat menyebabkan kinerja jantung anda menjadi melemah.

4. Tuiwa Tibet, Tiongkok

Hasil gambar untuk Tuiwa Tibet, Tiongkok.

Tuiwa merupakan sebuah kawasan pedesaan atau dikenal sebagai kota paling kecil di Tiongkok. Kawasan ini memiliki ketinggian sekitar 5070 meter di atas permukaan laut dan memiliki suhu udara yang sangat dingin.

Mayoritas warga di Tuiwa ini memiliki gaya hidup yang sederhana dan disana juga tidak terdapat toko-toko modern. Penerangan serta fasilitas umum juga dibuat sederhana dan masih terlihat begitu tradisional.

Pendapatan utama warga disana adalah hasil ternak, yakni wol yang diambil dari domba-domba yang mereka pelihara. Mereka sudah turun temurun melakukan kegiatan sederhana seperti ini bahkan ribuan tahun lamanya, walaupun begitu mereka terilhat sangat menikmati kehidupan mereka.

5. La Rinconada, Peru

Hasil gambar untuk La Rinconada, Peru

La Rinconada yang berada di Peru ini ditetapkan sebagai salah satu kota kecil atau desa yang paling tinggi dunia, dengan ketinggian yang mencapai 5100 meter diatas permukaan laut ini, terdapat sekitar 50 ribu orang yang menempati wilayah ini.

Dengan penghasilan utama yang berasal dari tambang emas pada sekitar kawasan desa ini pun membuat banyak sekali orang dari seluruh penjuru Peru pun datang ke tempat ini untuk mencari peruntungan di pertambangan emas.

Dengan adanya pertambangan emas tersebut, populasi pada kawasan ini pun terus melesat lebih dari 100 persen dalam satu dekade terakhir. Hal ini pun membuktikan bahwa kota tertinggi didunia ini juga masih sangat layak untuk ditinggali.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.