Pesawat Dilarang Terbang di Beberapa Area Ini, Apa Alasannya?

Related image

Pesawat merupakan salah satu alat transportasi umum yang paling efektif bila ingin melakukan perjalanan menengah atau jarak jauh. Hal tersebut karena pesawat dapat melintas dengan cepat diatas udara tanpa adanya hambatan apapun.

Namun, ada beberapa area yang melarang pesawat untuk melintasi area tersebut dan membuat pilot harus terbang untuk mengindari area tersebut. Area apakah saja yang tidak dapat dilintasi oleh pesawat? Simak artikel berikut dibawah ini.

1. Kakbah, Mekkah

Image result for kabah

Bagi kalian yang sudah pernah mengunjungi Tanah Suci, apakah kalian pernah melihat pesawat melintasi area sekitar Kakbah atau disekitar kota Mekkah? Ternyata pesawat memang tidak diijinkan untuk melintasi area Kakbah. Hal itu sudah merupakan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi.

Ada juga alasan lainnya yang cukup menarik mengenai larang terbang di Kakbah. Terdapat sebuah teori bahwa adanya anomali magnet yang terjadi diatas Kakbah yang dapat membuat sistem navigasi pesawat menjadi kacau. Selain itu juga, medan gravitasi yang ada di atas Kakbah ininjuga dikatakan cukup kuat sehingga pesawat juga tidak dapat terbang terlalu tinggi dan dapat membahayakan para jamaah.

2. Kutub Utara

Image result for kutub utara

Kutub Utara memiliki medan geomagnetik. Itu berarti jika kalian berpergian ke rumah beruang kutub, maka kalian tidak disarankan untuk membawa kompas karena benda tersebut tidak akan memiliki funsi apapun disana. Hal tersebut juga berlaku bagi sistem navigasi pesawat.

Pesawat-pesawat yang melintasi area tersebut sistem navigasinya akan terganggu karena medan magnet yang sangat kuat dan sering berubah-ubah. Itulah yang akan membuat para pilot menjadi kebingungan ketika mereka ingin mendarakan pesawat yang mereka bawa dan akan sangat sulit juga untuk menemukan landasan yang benar.

3. Pegunungan Himalaya

Related image

Pegunungan Himalaya memnag memiliki beberapa puncak yang tinggi, salah satunya Puncak Everest yang memiliki ketinggian hingga 8.848 meter. Pesawat sebenarnya bisa saja terbang melebih ketinggian dari puncak tersebut, namun para pilot lebih memilih untuk menghindari area yang dijuluki dengan "Atap Dunia" tersebut.

Alasan dari hal tersebut adalah jika pesawat mengalami keadaan darurat, maka pilot diharuskan untuk menurunkan ketinggian ke 3.000 meter untuk mengatasi masalah pasokan oksigen ini. Ini adalah hal yang sangat berbahaya karena pada titik tersebut sudah sangat dekat sekali dengan ketinggian rata-rata dari pegunungan Himalaya. Pesawat pun harus berkelok-kelok untuk menghindari pegunungan tersebut dan tentunya ini merupakan resiko yang sangat besar.

4. Antartika

Related image

Antartika merupakan salah satu benua yang terletak dikutub selatan. Benua ini memiliki beberapa pegunungan yang tertutupi oleh salju serta angin yang kencang. Kondisi ini pun dapat menyebabkan menurunnya jarak pandang pilot dan tentunya ini akan sangat membahayakan.

Alasan lainnya adalah jika terjadi hal yang memungkinkan untuk melakukan pendaratan darurat maka medan Anntartika sangatlah berat bagi pilot untuk melakukan sebuah pendaratan. Para penumpang pun akan mengalami kesulitan untuk menghadapi kondisi iklim yang ada di Antartika ketika harus menunggu bantuan datang.

5. Pabrik Nuklir Pantex, Texas

Image result for pabrik nuklir pantex

Pantex Plant merupakan sebuah pabrik nuklir yang letaknya berada di Amarillo, Texas, yang ditugaskan untuk menjaga dan mengamankan seluruh material nuklir milik Amerika Serikat. Pemerintah Amerika Serikat pun telah melarang adanya pesawat terbang yang melintasi area ini dikarenakan pemerintah Amerika Serikat tidak menginginkan hal buruk terjadi misalanya saja ledakan nuklir yang sangat mematikan.

6. Disneyland dan Disney World

Image result for disneyland

Apakah kalian pernah memiliki cita-cita untuk pergi dan menghabiskan waktu di Disneyland atau Disney World? Perusahaan hiburan yang dibangun oleh Walt Disney ini memang lah sangat luas hingga terjun ke taman hiburan. Namun, jangan berharap jika kalian dapat melihat tempat rekreasi tersebut dari atas pesawat, itu dikarenakan adanya larangan bagi pesawat untuk melintasi area tersebut.

Pada tahun 2003, Disney Corporation memberlakukan larangan terbang pada kedua area tersebut demi keamanan. Hal ini pun bertujuan agar keamanan para pengunjung dapat terjaga jika suatu saat ada pesawat yang mengalami masalah dan mengharuskan pesawat tersebut untuk melakukan pendarata darurat di area Disney.

7. Area 51, Nevada

Related image

Belum lama ini terdengar sebuah gerakan untuk menyerbu Area 51 yang ada di Nevada, Amerika Serikat. Area ini juga diyakini memiliki rahasia-rahasia penting yang tidak diperbolehkan dibocorkan kepada publik seperti adanya alien, UFO dan hal yang tidak dapat dijelaskan lainnya.

Tempat misterius ini berada di hamparan Gurun Nevada ini sama sekali tidak diketahui titik aslinya. Pemerintah pun memberlakukan larangan adanya pesawat yang melintasi di Area 51 ini untuk kepentingan umum maupun militer. Namun, tidak ada penjelasan mengenai hal tersebut mengapa harus dilakukan. Apakah ada teori konspirasi dibalik semua ini?

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.