Hati-hati, 7 Jenis Ikan Ini Diklaim Paling Mematikan di Dunia

Image result for stone fish"

Tidak hanya hewan yang hidup didarat saja yang dapat membahayakan dan dianggap sangat mematikan, namun ada juga beberapa hewan air yang sangat mematikan dan berbahaya bagi manusia maupun sesama hewan air.

Tidak hanya di lautan saja, ternyata disungai juga ditemukan beberapa jenis ikan yang dianggap sangat mematikan. Kalian sebaiknya jangan berurusan dengan ikan-ikan ini, karena jika kalian salah sedikit saja, maka nyawa kalian yang akan menjadi taruhannya.

Lalu, apa sajakah spesies ikan yang diklaim paling berbahaya dan mematikan didunia?

1. Tiger Fish

Image result for tigerfish"

Nama asli dari ikan ini adalah Goliath Tigerfish, ikan yang satu ini merupakan ikan ganas yang berasal dari perairan tawar di Afrika. Ikan ini dinamakan "harimau" karena memiliki kemampuan menyerang yang sangat luar biasa, ditambah lagi dengan taringnya yang tajam yang dapat dengan mudah merobek apa pun yang ada didepannya.

Ikan Harimau ini merupakan satu-satunya spesies ikan di Sungai Kongo yang sama sekali tidak takut dengan buaya, walaupun memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih kecil.

Dalam beberapa kasus, menurut penduduk lokal, ikan pernah terciduk menyerang manusia. Serangan dari ikan ini juga bisa berakibat dengan sangat fatal, bahkan dapat mengakibatkan pendarahan yang luar biasa dan berujung pada kematian.

2. Piranha

Image result for piranha"

Mungkin kalian pernah mendengar mengenai reputasi dari ikan piranha yang sangat ditakuti ini, terutama di sungai pedalaman hutan Amazon, Brazil. Piranha memang dikenal sebagai salah satu spesies ikan yang paling berbahaya di bumi, walaupun terkadang cerita dari ikan ini dibesar-besarkan.

Sebenarnya piranha ini merupakan omnivora. Namun piranha rupanya makan biji-bijian serta cacing-cacing kecil yang terdapat didasar sungai.

Bahkan terdapat beberapa spesies yang bersifat herbivora atau hanya makan tumbuhan yang biasanya hanya hidup didasar sungai saja. Namun beberapa spesies yang lainnya memang dikenal sangat ganas dan memakan apa saja yang melewati wilayah kekuasaannya.

3. Belut Listrik

Image result for electric eel;"

Mungkin dari namanya saja kita sudah tahu jika belut ini sangat berbahaya, terlebih lagi jika ia sudah dalam keadaan terdesak. Belut listrik dapat menghasilkan listrik yang sangat besar yang disalurkan dari sistem sarafnya yang sangat kompleks.

Karena belut ini hidup didalam air, ia pun dapat mengeluarkan arus listrik yang lebih bertenaga. Itulah sebabnya mengapa belut listrik ini dapat membunuh seekor buaya hanya dengan menggunakan sengatan listriknya saja,

Jika belut ini tidak berada dalam kondisi yang terdesak, belut listrik ini hanya akan mengeluarkan listrik dalam jumlah yang kecil saja dan itu hanya akan membuat hewan yang ada disekitarmya menjadi terkejut saja. Namun, jika belut listrik ini dalam keadaan yang terdesak, ia akan mengeluarkan listrik sekuat mungkin sampai ia dapat membunuh predator lainnya.

4. Candiru

Image result for candiru"

Candiru/ Vandellila Cirrhosa ini merupakan ikan kecil yang biasanya menjadi parasit pada insang ikan yang lebih besar di Sungai Amazon. Ukuran ikan ini hanya 1-5 centimeter saja.

Banyak cerita dan berita yang beredar bahwa ikan in akan masuk kedalam alat kelamin laki-laki dan menghisap darah dari dalam alat kelamin tersebut. Namun, cerita itu hanyalah sebuah hoax.

Memang benar ikan candiru ini merupakan ikan yang sangat berbahaya, namun sangat jarang terdengar kabar jika ikan candiru ini menyerang manusia. Walaupun begitu, manusia yang menyelam di sungai Amazon ini diwajibkan untuk berhati-hati karena ikan kecil ini dapat masuk kedalam lubang tubuh dan kemudian menghisap darah kalian seperti lintah.

Sifatnya sebagai parasit ini juga memang menyukai darah dan akan selalu menempel pada inangnya. Itulah mengapa para penyelam profesional di alam liar ini pasti akan melindungi tubuh mereka menggunakna pakaian renang khusus.

5. Ikan Buntal

Image result for ikan fugu"

Ikan buntal dikenal sebagai salah satu ikan yang memiliki tingkat racun paling tinggi dimuka bumi ini. Racun yang terkandung didalam ikan ini terdapat pada hampir seluruh bagian tubuhnya.

Tidak hanya dapat membayakan bagi ikan lain saja. Manusia jyang mengonsumi ikan buntal ini dapat mengalami keracunan yang hebat dan mungkin bisa berujung pada kematian.

Namun,ikan ini nyatanya banyak di perdagangkan dan diolah oleh para koki profesional di beberapa negara Asia. Kekuatan racun yang dihasilkan ikan buntal ini 1200 lebih kuat dibandingkan dengan sianiada. Jadi kalian tidak disarankan untuk mengonsumsi ikan in,

6. Ikan Batu

Image result for stone fish"

Ikan yang satu ini memiliki bentuk yang sangat mirip sekali dengan batu, namun itulah salah satu caranya agar dia dapat berkamuflase. Kalau kalian bertemu dengan ikan ini sebaiknya kalian jangan mendekat, karena ikan batu ini memilki racun yang sangat mematikan.

Racun yang terkandung didalam duri dan kulit ikan batu ini akan memiliki dampak yang sangat menyakitkan bagi manusia. Karena bentuknya yang sangat mirip dengan batu inilah yang membuat banyak orang menjadi tidak sengaja menginjak ikan satu ini.

Namun, racun ikan batu ini sangat berguna pada dunia medis. Racun dari ikan batu ini dikembangkan sebagai senyawa yang dapat membantu terapi trasnplantasi organ pada manusia.

7. Hiu Putih 

Image result for great white shark"

Hiu memiliki reputasi yang cukup hebat didunia bawah laut, terutama hiu putih raksaasa. Hiu putih ini memiliki ukuran dan bobot yang sangat besar dan sudah dilengkapi dengan taring yang sangat tajam. Inilah yang menjadikan hiu putih ini menjadi salah satu predator yang paling ditakuti diseluruh lautan.

Dari seluruh serangan hiu yang terjadi didunia, sebagian besar merupakan serangan dari hiu putih. Walaupun begitu, manusia bukan makanan kesukaan hiu putih. Kebanyakan kasus serang terjadi dikarenakan hiu tersebut mengira jika manusia merupakan anjing laut yang merupakan salah satu mangsa favoritnya. 

Lagipula banyak hiu putih yang ditangkap dan dihabisi oleh manusia. Terdapat ribuan sampai jutaan ekor hiu putih yang setiap tahunnya diburu. Ini terjadi karena banyaknya permintaan sirip hiu untuk dikonsumsi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.