7 Video Game Paling Berpengaruh dalam Satu Dekade Terakhir

Image result for fortnite

Kadang, video game yang keluar tidak memberi dampak apapun. Namun, hal seperti ini tidak selalu terjadi pada satu dekade terakhir ini, karena dalam satu dekade terakhir ini para gamer dihadiahkan dengan segudang game-game yang hebat. Bahkan tidak sulit untuk mengatakan jika sebagina besar diantaranya telah memberikan dampak yang nyata kepada industri video game pada tahun-tahun yang akan datang.

Sejumlah game tersebut pun membuat salah satu industri hiburan terbesar saat ini didunia, menjadi tempat yang berbeda. Berikut merupakan 7 game yang memiliki pengaruh yang paling besar dalam satu dekade terakhir.

1. Minecraft

Image result for minecraft

Game yang berada pada daftar puncak kali ini adalah Minecraft. Memang tidak diragukan lagi jika Minecraft menjadi salah satu game yang memiliki pengaruh yang besar sepanjang masa. Minecraft memberikan dampak yang besar kepada kita sebagai pemainnya, berinteraksi dan berpikir dengan dunia yang ada didalam game tersebut.

Crafting yang menjadi salah satu elemen di Minecraft ini bahkan tidak mendapatkan popularitas yang tinggi ketika game yang dibuat oleh Mojang ini dirilis. Game ternama lainnya seperti Rust, The Forest dan Conan Exiles mungkin saja tidak pernah ada jika Minecraft tidak dibuat.

2. The Elder Scrolls V : Skyrim

Related image

Bagi gamers, mungkin The Elder Scrolls V : Skyrim menjadi salah satu game yang paling sempurna dengan dunia yang berkesan ditambah dengan jalan cerita yang rapi. Saking populernya, Skyrim pun terkadang dijadikan sebagai bahan candaan dalam bentuk meme yang tersebar luas di seluruh dunia.

Terlepas dari banyaknya argumen yang mengatakan jika Skyrim bukanlah judul terbaik pada seri Elder Scrolls, namun memang tidak diragukan lagi jika kedatangannya berhasil membuat nama Elder Scrolls menjadi dikenal banyak gamers. Tidak sampai disitu saja, Skyrim pun menjadikan Betsheda sebagai salah satu developer RPG terbaik.

3. The Last of Us

Image result for the last of us

Salah satu game single player yang memiliki kualitas gameplay terbaik dan memiiliki cerita yang indah adalah The Last of Us. Sebelum adanya The Last of Us ini, memang ada upaya dari banyak game untuk membuat game yang memiliki kualitas yang tinggi dan memiliki pengalaman yang sinematik, namun tidak ada satu pun dari game tersebut, yang dapat melewati kualitas yang diberikan The Last of Us.

Siapapun yang memainkan game besutan Naughty Dog ini, pasti tidak akan pernah dengan mudah untuk melupakan Joel dan Ellie. Ikatan yang mereka ciptakan dengan pemain adalah sesuatu yang jauh dan saat ini masih belum ada game lain yang mampu mengikuti game ini.

4. Dark Souls

Image result for dark souls

Memang benar bahwa Demons Souls dirilis sebelum dirilisnya Dark Souls dan itu merupakan salah satu game yang sangat fantastis. Namun, Dark Soul merupakan sebuah game yang menempatkan From Software kedalam jajaran developer yang paling berpengaruh dna mempopulerkan genre Souls seperti yang kita kenal sekarang ini.

Game yang lebih baru seperti Nioh, Lords of The Fallen sampai Jedi : Fallen Order, mungkin tidak akan pernah diciptakan atau akan ada dalam versi yang berbeda, jika Dark Souls tidak dirilis. Sama halnya juga seperti Skyrim, kepopuleran Dark Sould pun membuatnya sering dijadikan sebagai meme.

5. Fortnite

Related image

Salah satu game yang bahkan bukan gamer sekalipun mengetahuinya yakni Fortnite, game ini benar-benar sudah menaklukkan pasar game online melalui visual imut dan sistem bangunan yang sangat unik. Walaupun banyak pesaing dengan genre yang serupa, namun Fortnite tetap berhasil menjadi yang paling populer dan membuktikan jika keunikannya tersendiri akan membawanya ke peringkat teratas game battle royale terbaik sepanjang masa. Momentum kesuksesan yang di raih Fortnite ini pun diprediksi tidak dapat melambat sama sekali dalam waktu dan menarik untuk melihat bagaimana perkembangan game besutan Epic Games ini pada masa depan.

6. Outlast

Image result for outlast

Walaupun bukan game yang pertama dari jenisnya, Outlas sudah jelas menjadi salah satu yang paling bagus dan bertanggung jawab atas kebangkitan game horor first person yang terus saja membanjiri pasar pada saat itu. Outlast dibekali dengan kemampuan untuk menciptakan pengalaman horor yang nyata dan mendalam, yang dimana pada saat itu tidak begitu berhasil disematkan pada game lain namun dengan genre yang serupa. Sejak saat itu, game horor lainnya pun mengerti untuk menemukan cara membuat rasa takut seperti nyata yang sama halnya yang dilakukan oleh Red Barrel Studio sebagai developer ke dalam Outlast. 

7. Dishonored

Image result for dishonored

Dishonored yang dibuat oleh Arkane Studios ini membawakan formula yang familiar dari Thied, namun dengan eksekusi yang lebih baik. Level design dari Dishonored ini juga berada di tingkat "masterclass", terutama pada bagian bagaimana para pemain akan dibekali dengan banyak pilihan yang kreatif untuk menyelesaikan tiap masalah.

Karena pada dasarnya Dishonored ini menetapkan standar yang baru untuk dunia yang dinamis dan sistem pengambilan keputusan yang menarik. Ada begitu banyak aspek yang membuat Dishonored ini terlihat sangat mengagumkan dan itu benar-benar mengubah ekspetasi pemain dari game yang memiliki genre open world stealth.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.