7 Game PS1 Paling Langka dan dengan Harga Fantastis sampai Jutaan!

Image result for Syphon Filter 3

PlayStation generasi pertama atau lebih populer dengan nama PlayStation One ini, kini telah berusia lebih dari 25 tahun dan berhasil menjadi rumah bagi sejumlah game luar biasa yang pernah dirilis. Gamenya juga memiliki bermacam-macam genre, seperti platfomer, RPG, action-adventure hingga racing.

Walaupun statusnya sebagai konsol klasik, PlayStation One ini nyatanya memiliki sejumlah game langka. Dan sebagian besar game langka tersebut merupakan game yang tidak dirilis diluar Jepang, sebab kurangnya ekspetasi penjualan dari publisher.

Karena kelangkaannya tersebut, beberapa game tersebut pun menjadi memiliki nilai yang fantastis, bahkan sampai berjuta-juta rupiah.

1. Valkyrie Profile - Rp 1,8 juta

Image result for Valkyrie Profile

Valkyrie Profile yang merupakan salah satu gmae JRPG yang memiliki latar mitologi Norse dengan perilisan yang terbatas pada tahun 2000. Game PS1 ini yang dikembangkan oleh Tri-Ace, yang terkenal dengan Star Oceannya. Setelah tujuh tahun lamanya, Valkyrie Profile pun dirilis pada wilayah Eropa dam Australia menggunakan judul yang baru yakni Valkyrie Profile : Lenneth.

Sebelumnya, game  ini telah memiliki rilis terbatas di luar Jepang terlepas dari fakta jika banyaknya kritikus yang memujinya. Pada tahun 2020 ini, Valkyrie Profile pun memiliki nilai yang tidak main-main, yakni US$132 atau Rp 1,8 juta.

2. Persona 2 : Eternal Punishment -Rp 2 juta

Image result for Persona 2 : Eternal Punishment

Persona 2 : Eternal Punishment yang dirilis khusus untuk PS1 pada tahun 2000. Game yang satu ini hanya dirilis pada Jepang dan Amerika, serta port untuk PSPnya tidak pernah dirilis di luar Jepang. Sama halnya seperti agme JRPG kebanyakan, game Persona 2 ini tidak dirilis di wilayah Eropa.

Akibatnya, Persona 2 ini pun menjadi salah satu game PS1 yang paling diburu terutama oleh para kolektor. Pada tahun 2013, Persona 2 telah dirilis secara global pada PlayStation Store, yang dimana gamer diwilayah Eropa sudah dapat memainkannya. Untuk versi original PS1 nya sendiri, Persona 2 memiliki angka US$ 150 atau Rp 2 juta.

3. Suikoden II- Rp 2,1 juta

Image result for Suikoden II

Pada tahun 1999, Konami meluncurkan Suikoden II untuk wilayah Amerika Utara dan Eropa pada tahun 2000. Terlepas dari perilisannya yang lebih luas dibandingkan dengan kebanyakan game JRPG pada saat itu, nyatanya Suikoden II hanya dirilis dalam jumlah yang terbatas. Hasilnya, Suikoden II pun menjadi salah satu game RPG yang paling banyak di cari hingga saat ini.

Suikoden II sendiri juga masih dianggap salah satu game RPG terbaik sepanjang masa. Fokus cerita pada perang dan kekalahan ini melampaui berbagai game pesaingnya. Kini, Suikoden II pun memiliki harga yang lumayan mahal, sekitar US$ 157 atau Rp 2,1 juta.

4. Jojo's Bizzare Adventure - Rp 2,3 juta

Image result for Jojo's Bizarre Adventure

Jojo's Bizzare Adventure yang merupakan adaptasi dari seri manga dengan menggunakan nama yang sama ini dirilis untu PS1 pada tahun 1998. Game ini memiliki genre fighting yang dikembangkan oleh developer yang sama yang membuat game Street Fighter III.

Walaupun berasal dari port Sega Dreamcast yang telah dianggap sebagai salah satu versi terbaiknya, versi PS1 nya juga tetap mempertahankan nilainya hingga bertahun-tahun. Itu bisa terjadi mungkin karena banyaknya fans yang masih aktif memainkan game ini melalui emulator dan fakta menunjukkan jika sedekade sebelumnya, Jojo begitu populer. Game ini pun memilikinlai US$ 172 atau sekitar Rp 2,3 juta.

5. Tail Concerto - Rp 2,3 juta

Related image

Tail Concerto yang dirilis di Amerika Utara dan Eropa(Prancis) untuk PS1 ini pada tahun 1998. Tail Concerto sendiri adalah game action-adventure yang dikembangkan CyberConnect. Game ini pun mengalami sejumlah penundaan perilisan di pasar Barat karena adanya masalah pada terjemahan game tersebut.

Sebagai hasilnya, Tail Concerto ini pun dirilis secara terbatas karena adanya hak penerbitan yang berpindah-pindah. Sama halnya seperti Suikoden II, Tail Concerto pun berakhir sebagai salah satu barang langka yang sangat dicari oleh para kolektor. Nilainya juga tidak dapat dibilang murah, Tail Concerto ini memiliki angka US$ 173 atau Rp 2,3 juta.

6. The Misadventures Of Tron Bonne- Rp 3,4 juta

Related image

Pada tahun 2000, Capcom merilis The Misadventure Of Tron Bonner untuk platform PS1. Ini merupakan prekuel dari Mega Man: Legends yang dimana para pemain akan berperan sebagai Tron Bonne, alih-alih Mega man, untuk mendapatkan pengalaman bermain yang baru namun familier.

Tidak hanya di Jepang saja, Tron Bonne sendiri juga di  rilis pada wilayah Amerika dan Eropa, namun dalam jumlah yang terbatas. Karena perilisannya yang tidak terlalu besar, nilai Tron Bonne sendiri naik pada tiap tahun. Ini pun menjadikan game ini menjadi salah satu game klasik PS1 yang paling diincar  dan harganya saat ini telah mencapai US$252 atau Rp 3,4 jutaan.

7. Syphon Filter 3- Rp 8,6 juta

Image result for Syphon Filter 3

Syphone Filter 3 yang merupakan game action-shooter ini dikembangkan oleh Sony untuk PS1 pada tahun 2001. Salah satu yang menarik perhatian game ini adalah sampul atau cover pada gamenya.

Setelah terjadi peristiwa 9/11, Sony pun memilih untuk menarik peredaran Syphone Filter 3 ini disebabkan oleh sampulnya yang terdapat bendera Amerika yang sedang dikelilingi oleh ledakan. Untuk alasan yang dapat dimengerti, mungkin itu bukanlah sampul terbaik ketika serangan teroris. Namun kelangkaan yang dimiliki olehnya, Syphone Filter 3 ini pun dapat lolos peredaran dijual pada harga yang sangat fantastis yakni, US$633 atau Rp 8,6 juta.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.