7 Alasan Sistem Operasi iOS Lebih Unggul dari Android, Menang Telak?

Image result for ios

Menjadi salah satu penguasa pasar sistem operasi HP di dunia, penggunaan OS Android dan iOS pun saat ini semakin populer bagi para pengguna smartphone.

Terlebih belakangan ini mereka mengeluarkan pembaruna sistem operasi versi terbaru mereka yakni iOS 13 dan Android 10 yang telah dibekali dengan berbagai macam fitur unggulan yang ada didalamnya.

Walaupun sistem Android dan iOS telah memiliki masing-masing pasaran, namun perang mengenai siapa yang lebih baik diantara kedua sistem tersebut masih berlangsung hingga kini.

Tidak sedikit dari mereka juga yang membeberkan sejumlah alasan mengapa OS Android lebih unggul dari iOS, begitu juga sebaliknya.

Alasan Mengapa Sistem Operasi iOS Lebih Unggul dari Android

Perbedaan yang dimiliki oleh OS Android dan iOS nampaknya masih belum cukup untuk mencari siapa yang akan menjadi pemenang diantara keduanya.

Daripada kalian bingung, langsung saja akan kami jelaskan mengapa sistem operasi iOS lebih unggul dibandingkan dengan sistem Android.

1. Performa Lebih Cepat dan Mulus

Image result for ios

Bagi kalian yang pernah menggunakan smartphone OS Android dan iOS pasti kalian dapat merasakan performa yang ditawarkan oleh kedua sistem ini sangat berbeda.

Sistem operasi iOS dikenal memiliki performa yang lebih cepat dan mulus bila dibandingkan dengan Android walaupun memiliki kapasitas RAM yang kecil.

Yang menariknya adalah, ini bukan lah menjadi salah satu alasan yang membuat sebagian orang untuk membeli iPhone generasi lama dibandingkan dengan membeli Android yang baru walaupun menawarkan harga yang sama.

2. Software Update Lebih Cepat dan Terjadwal

Related image

Software update sudah tentu menjadi salah satu hal penting yang harus diperlukan oleh sebuah perangkat smartphone yang berguna untuk mengbilangkan bug atau meningkatkan performa.

Walaupun hal ini juga hadir pada smartphone yang menggunakan sistem Android, namun iOS memang telah dikenal lebih cepat serta terjadwal dalam hal pemberian update.

Smartphone yang menggunakan sistem operasi iOS ini juga akan dengan segera mendapatkan software update ketika perangkat tersebut telah memenuhi kualifikasi untuk mendapatkan pembaruan iOS.

Sementara itu, Android masih harus menunggu dengan waktu yang lama hingga pada akhirnya software tersebut dapat digunakan oleh para penggunanya.

Bukan hanya mengutamakan soal kecepatan saja, pembaruan iOS pun lebih terjadwal dimana pada setiap tahunnya, Apple selalu rutin menghadirkan sistem iOS terbaru mereka yang akan dirilis dengan peluncuran smartphone baru mereka.

3. UI yang Lebih Mudah Dioperasikan

Image result for ios

Alasan yang berikutnya yang membuat sistem operasi iOS dapat dikatakan lebih unggul bila dibandingkan dengan Android karena User Interface(UI) yang terlihat lebih simpel dan sangat mudah untuk dioperasikan.

Seperti yang telah kita ketahui, iOS memang memiliki UI yang hampir mirip dari masa ke masa. Berbagai macam menu pintas juga diletakkan pada tempat yang mudah dijangkau sehingga itu tidak akan membuat para penggunanya menjadi kebingungan.

Sementara itu, Android memang mengijinkan para penggunanya untuk melakukan kustomisasi pada tampilan UI, termasuk juga ikon menu yang membuat sebagian orang harus beradaptasi dengan tampilan baru tersebut.

Walaupun sebenarnya hal ini memang selera masing-masing, namun tampilan UI yang sederhana, simpel serta elegan seperti iOS umumya akan lebih banyak diminati.

4. App Store Lebih Terjamin

Image result for ios

Jika idealnya toko aplikasi yang ada pada suatu perangkat smartphone akan menjadi salah satu tempat paling aman bagi pengguna jika ingin menunduh aplikasi, maka hal tersebut saat ini sudah tidak lagi seperti ini, terlebih bagi para pengguna OS Android.

Soalnya, belakangan ini marak terjadi kasus yang dimana Google pada akhirnya menghapus aplikasi-aplikasi yang telah diretas oleh malware dari toko Google Play Store mereka.

Tentu hal ini akan menimbulkan kekhawatiran bagi para pengguna yang ingin mengunduh aplikasi.

Untungnya, iOS bisa dikatakan memiliki sistem yang cukup ketat yang dimana dalam pemilihan aplikasi yang akan mereka masukkan kedalam toko aplikasinya tersebut harus benar-benar layak.

Para developer aplikasi juga harus melewati berbagai pemeriksaan serta proses panjang untuk menjaga kualitas keseluruhan pada aplikasi yang ada di App Store.

5. Lebih Aman dari Ancaman Virus

Related image

Bagi kalian yang gemar mengotak-atik smartphone, mungkin kalian akan beranggapan jika sistem Android ini merupakan yang lebih baik sebab penggunaan diberika kebebasan untuk memodifikasi perangkat yang mereka gunakan sesuai dengan keinginan mereka sendiri.

Memang benar, namun jika dalam hal keamanan hal tersebut tentunya akan membuat OS Android akan menjadi lebih beresiko terserang virus serta malware berbahaya.

Itu dikarenakan oleh model sumber open source yang diadopsi oleh Android akan sangat memungkinkan untuk dimanfaatkan oleh para oknum yang tidak memiliki tanggung jawab untuk menyebarkan virus.

Sebaliknya, iOS yang mengadopsi sumber closed source untuk saat ini dikatakan lebih aman sebab OS ini tidak akan memberikan izin kepada para penggunanya untuk mengotak-atik penampilan perangkatnya.

6. Minim Bloatware

Related image

Jika kalian hanya mengira smartphone yang menggunakan OS Android saja yang mempunyai bloatware didalamnya, kalian sudah salah besar.

Itu dikarenakan didalam sistem operasi iOS ini juga memiliki sejumlah aplikasi bloatware yang memang sengaja diberika kepada para konsumennya.

Namun, aplikasi bawaan di iOS ini memang memiliki jumlah yang sedikit bila dibandingkan dengan yang ada di Android.

Selain itu juga, bloatware yang ada di iOS pun dapat kalian hapus sehingga itu tidak akan membuat memori internal kalian menjadi penuh.

7. Privasi Data Para Pengguna Lebih Aman

Related image

Walaupun Apple melakukan hal yang sama seperti Google, yakni mengoleksi data pribadi dari penggunanya, namun setidaknya Apple dapat menjaga rahasia dari data-data tersebut.

Soalnya, aplikasi yang ada pada iOS ini seringkali meminta izin akses yang terkadang tidak masuk akal dengan fungsi dari aplikasi itu sendiri.

Walaupun kalian bisa saja menolak akses tersebut, namun bagi mereka yang tidak terlalu paham dengan dunia teknologi mungkin akan beranggapan jika hal tersebut aman-aman saja.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.