4-1-1785: Kelahiran Jacob Grimm, Sang Pemburu Dongeng


Related image

Putri Saljum Rapunzel serta Putri Tidur telah dikenal oleh seluruh orang didunia berkat banyaknya adaptasi film yang terinspirasi dari kisah-kisah mereka.  Sudah tidak bisa dibayangkan lagi berapa banyak uang yang telah didapatkan oleh perusahaan seperti Disney berkat kisah-kisah putri tersebut.

Kisah para tuan putri tersebut sebenarnya berasal dari dongeng Eropa. Semua dongeng tersebut dicari dan dibukukan oleh kaka adik yang bernama Jacob dan Wilhelm Grimm. Kedua orang tersebut merupakan ilmuwan bahasa yang berkebangsaan Jerman.

Jacob Grimm lahir pada tanggal 4 Januari 1785 di Hanau, Kekaisaran Suci Roma(yang kini dikenal dengan nama Jerman) . Ia merupakan yang tertua dari Grimm bersaudara. Semasa hidupnya, dirinya mengabdi untuk mengembangkan ilmu bahasan sambil mengumpulkan ratusan dongeng yang akan dibuat dalam buku yang terkenal bernama Grimm's Farity Tales.

Dongeng Grimm's ini sebenarnya merupakan produk akademis. Kakak-beradik Grimm's ini dikenal memiliki niat belajar yang sangat tinggi. Semasa hidupnya dulu, Jacob menuntut ilmu hukum hingga kemudian dirinya tertarik dengan sejarah dan sastra Jerman.

Cabang ilmu yang menarik Jacob Grimm's adalah filologi. Ilmu filofogi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari mengenai bahasa berdasarkan kombinasi sejarah, sastra serta manuskirip. 

Adiknya, Wilhelm juga tertarik dengan cabang ilmu yang satu ini. Hingga pada akhirnya mereka memutuskan bersama-sama untuk mencari juru cerita supaya kisah dari dongeng tersebut dapat dibagikan dan bisa merkea tulis kembali dalam buku berdasarkan versi yang aslinya. Versi asli dari dongeng Grimm's memang terlihat lebih gelap jika dibandingkan dengan versi Disneynya.

Jacob dan adiknya sendiri sejatinya telah mengumpulkan berbagai kisah oral untuk menjaga kebudayaan Jerman. Salah satu juru cerita yang paling berpengaruh bagi Grimm's adalah Dorothea Viehmann yang merupakan seorang penjaga penginapa yang telah mendengarkan banyak sekali cerita dari pengelana.

Namun tanpa diduga koleksi dongeng mereka berhasil tumbuh pesat. Buku dongeng tersebut pun diterbitkan pada tahun 1812. Berkat usaha dari Jacob dan Wilhelm, banyak orang yang bisa menikmati dongeng Rapunzel, Putri Salju,dll .

Pecinta Sastra

Image result for JACOB GRIMM

Semasa hidupnya, Jacob menyadari jika ilmu seperti sastra sangat diremehkan, tetapi ia tetap fokus pada apa yang telah menjadi bagian dari dirinya tersebut.

Hampir seluruh pekerjaan sudah saya abdikan, mau secara langsung maupun tidak langsung, kepada investigasi bahasa, puisi dan hukum-hukum kita pada zaman dahulu.  Studi-studi tersebut mungkin hingga kini tidak dianggap berguna, namun bagi saya, mereka selalu terlihat seperti pekerjaan yang begitu terhormat dan sangat tulus, ucapnya.

Hingga memasuki usia senja, diirnya tersebut pun masih giat untuk bekerja dan tidak sakit-sakitan. Jacob Grimm's pada akhirnya wafat ketika dirinya berusia 78 tahun di kota Berlin pada tahun 1863. Kini, patung dari kakak-beradik Grimm's pun bisa kalian lihat secara langsung di kota Hanau yang merupakan tempat kelahiran mereka.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.