Ini 5 Teknologi Jepang yang Berefek Besar Pada Dunia Sampai Sekarang!






Image result for shinkansen

Ketika kita sedang membahas menegenai negara Jepang, mungkin yang kalian langsung pikirkan adalah anime dan teknologinya. Memang Jepang merupakan negara yang maju dan paling handal dalam kedua hal tersebut. Namun, apakah kalian tahu jika terdapat 5 teknologi dari Jepang yang efeknya menyebar hingga ke seluruh dunia?

Beberapa penemuan dari orang-orang cerdas di Jepang memang memberikan dampak yang sangat besar, bahkan hingga sekarang saja masih bisa kita ikuti bahkan bisa kita kembangkan lagi dinegara lainnya. Lalu, apa sajakah penemuan-penemuan tersebut?

1. Walkman

Image result for walkman

Teknologi dari Jepang yang memiliki efek yang besar bagi dunia yang pertama adalah Walkman. Pada tahun 1979, untuk pertama kalinya, Sony secara resmi memperkenalkan headphone pemutar kaset pertama mereka yang mengaplikasikan stereo ke pasaran.

Hal ini pun memberikan efek yang sangat besar bagi masyarakat yang ada didunia, terutama dari segi mendengar musik. Walkman akhirnya pun terus mendapatkan perhatian dari dunia dan pada tahun 2009, penjualan dari Walkman ini berhasil mencapai angka 220 juta unit.

Hingga saat ini, orang-orang tidak mementingkan musik hanya dari segi pencpta dan juga ciptaannya saja, namun dilihat dari segi kualitas suara yang dihasilkan.

2. Antena TV

Image result for antena tv

Pada tahun 1920, untuk pertama kalinya antena TV yang memiliki kemampuan untuk menangkap gelombang pendek berkemampuan tinggi berhasil ditemukan. Penemuanya adalah Yagi Hidetsugu dan Uda Shintaro, yang melakukan eksperimen tersebut di Tohoku University.

Uniknya, pada saat itu kebanyakan para ilmuwan masih fokus dengan pengembangan frekuensi tingga serta frekuensi ultra high untuk gelombang radio. Namun, Yagi dan Uda malah mengembangkan antena TV yang dimana pada saat itu masih diremehkan.

Walaupun demikian, penemuannya tersbut berhasil menjadi salah satu teknologi dari Jepang yang berakibatkan efek yang besar bagi dunia saat ini.

3. Obat nyamuk bakar Piretrum

Image result for obat nyamuk bakar piretrum

Obat nyamuk bakar pertama kali ditemukan di Jepang pada tahun 1890. Penemuan tersebut merupakan teknologi dari Jepang yang berdampak besar pada dunia hingga saat ini. Pada tahun 1919, obat nyamuk bakar yang berisikan piretrum berhasil ditemukan oleh seseorang yang bernama Ueyama Eiichiro.

Budidaya Piretrum pun dikembangkan dan menjadikan Jepang sebagai produsen zat terbesar didunia. Pada saat ini, temuan tersebut telah berperan besar bagi pencegahan malaria serta penyakit lain yang ditularkan oleh nyamuk.

4. Bola lampu gastrokamera berwarna

Image result for bola lampu gastrokamera

Pada tahun 1954, film yang berwarna memmiliki sesivitas yang rendah dan membutuhkan banyak cahaya. Namun, panas yang dihasilakn oleh lampu ynag memiliki intensitas tinggi tersebut mempengaruhi dinding lambungnya. Bola lampu gastrokamera berwarna pada akhirnya pun berhasil ditemukan.

Dengan menggabungkan dua bola kaca semi-silinder, teknologi yang ditemukan di Jepang mampu untuk memberikan intensitas cahaya yang berbeda. Penggunaannya pun bisa lebih tahan lama bila dibandingkan teknologi sebelumnya.

5. Shinkansen

Image result for shinkansen

Foto yang ada diatas tersebut merupakan model pertama dari Shinkansen yang pertama kali diproduksi. Dengan mengadopsi kereta peluru yang pada saat itu masih terbilang aneh, tapi teknologi tersebut rupanya langsung melakukan debutnya dnegan melayani perjalanan dari Tokyo-Osaka pada Oktober 1964.

Ini pun menjadi salah satu teknologi dari Jepang yang memberikan efek yang begitu besar pada dunia. Hingga sejak saat itu, banyak sekali perusahaan lain yang turut menghadirkan teknologi kereta cepat, salah satunya hasilnya adalah Mag-Lev.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.