5 Alasan Kenapa Smartphone dengan Layar AMOLED Jauh Lebih Baik


Image result for amoled

Beberapa tahun terakhir ini, para pengembang smartphone sudah menerapkan teknologi unggulan melalui AMOLED display pada smartphone yang dibuat. AMOLED atau Active Matrix Organic Light Emitting Diode ini merupakan sebuah teknologi display terbaru yang dikembangkan dari OLED display dan sudah banyak juga digunakan pada beberapa perangkat seperti smartphone, tablet, kamera digital dan smartwatch. Soalnya, teknologi dari AMOLED display ini memiliki keunggulan yang banyak sekali jika dibandingkan dengan layar LCD yang ada pada smartphone.

Terdapat beberapa alasan yang masuk akal mengapa smartphone yang menggunakan teknologi AMOLED display ini jauh lebih baik bila kita bandingkan dengan smartphone yang menggunakan layar LCD. Lalu, keunggulan apa saja yang dimiliki oleh teknologi AMOLED display ini?

1. Konsumsi Daya Baterai yang Rendah

Related image

Berbeda dengan LED dan LCD display, AMOLED display ini memiliki penggunaan daya baterai yang lebih rendah. Itu disebabkan karena panel dari AMOLED ini tidak membutuhkan backlight untuk menampilkan warna ataupun gambar walaupu kita menggunakan tingkat yang tajam sekalipun. Backlight yang ada pada LED dan LCD display ini tentu akan memakan daya baterai tersebut untuk menopang kinerja dari display.

Penggunaan daya baterai yang renah dari AMOLED display ini juga dikarenakan adanya dominan warna yang gelap pada tampilannya tersebut. Proses visualisasi warna gelap ataupun hitam sebenarnya merupakan pixels yang tidak berproses sehingga tidak memakan begitu banyak daya baterai pada smartphone.

2. Rasio Kontras yang Tinggi

Image result for amoled screen

Rasio kontras yang tinggi pun merupakan sebuah keunggulan lain dari AMOLED display. Rasio kontras yang ada pada AMOLED ini pun memberikan perbedaan dengan kualitas yang sangat baik diantara warna yang cerah dan warna yang gelap. Perbedaannya akan begitu terasa jika smartphone yang menggunakan AMOLED display bila dibandingkan dengan smartphone yang hanya dibekali dengan LCD atau IPS.

Kontras yang tinggi dari AMOLED ini dihasilkan dari dioda serta pixelnya yang berasal dari bahan organik yang bisa memancarkan cahaya serta menghasilkan warna. Kepekatan warna yang dihasilkan juga masih belum bisa ditandingi oleh teknologi display manapun.

3. Memiliki Struktur dan Desain yang Tipis

Image result for amoled screen

Struktur serta desain dari AMOLED display yang sangat tipis ini pun menjadikan body dari smartphone yang mengusungnya menjadi sangat ramping.  Pasalnya AMOLED display ini memiliki layer plastik organik yang memiliki ketebalan hanya 100 hingga 500 nanometer. Layer plastik organik ynag ada pada AMOLED yang tipis ini juga menunjukkan jika kelebihan dengan fleksibilitas dalam memancarkan cahaya daripada layer yang digunakan di LCD display. Sehingga cahaya yang dihasilkan oleh AMOLED display ini dapat dengan leluasa terpancarkan.

4. Menghasilkan Tampilan yang Lebih Jernih

Image result for amoled screen

Dengan warna yang lebih tajam serta rasio kontras yang tinggi, tampilan yang dihasilkan oleh AMOLED display ini juga lebih jernih bila dibandingkan dengan panel LCD ataupun panel yang lainnya. Teknologi AMOLED display ini pun menghasilkan view angle yang lebih baik bila dibandingkan dengan LCD ataupun IPS display. Karena tidak memiliki perubahan warna serta kecerahan yang mencolok walau sekalipun kita melihatnya dari bawah teriknya matahari dan dari sudut yang sempit sekalipun.

Selain itu, AMOLED display pun memiliki respon serta refresh rate yang dibilang cukup baik ketimbang dengan panel LCD yang bisa membuat pergerakan menjadi lebih mulus sehingga mata pun dimanjakan karena pergerakannya yang halus itu.

5. Lebih Responsif

Image result for amoled screen

Dengan teknologi canggih serta terbaru yang telah dibuat ini pun memberikan dampak dengan lebih responsifnya pada smartphone. Salah satu alasan inilah yang membuat produsen smartphone berlomba-lomba untuk menggunakan AMOLED display pada smartphonenya. Itu disebabkan karena AMOLED display jauh lebih baik ketimbang smartphone yang menggunakan panel lainnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.