Berita Teknologi Terkini-7 Fakta yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Beli Samsung Galaxy Z Flip!

Hasil gambar untuk samsung galaxy z flip

Samsung tidak ingin menyia-nyiakan waktu mereka pada acara Unpacked pertama mereka pada tahun 2020 ini, dengan memperkenalkan Galaxy Z Flip, ponsel lipat kedua setelah Galaxy Fold dan pertama yang terlihat lebih terjangkau. Di luar Indonesia, harganya bisa lebih murah dibandingkan dengan Galaxy S20 Ultra.

Selain lebih murah, Galaxy Z Flip juga lebih bertenaga ketimbang dengan smartphone lipat sejenis Motorola, yaki Razr. Harganya pun lebih murah yakni sekitar US$100 dari smartphone lipat yang diumumkan pada November tahun lalu. Bagi kalian yang tertarik dengan Galaxy Z Flip, kalian harus mengetahui dulu fitur dan fakta mengenai smartphone ini.

1. Kualitas engselnya telah meningkat

Hasil gambar untuk samsung galaxy z flip

Setelah kejadian Galaxy Fold pada tahun lalu, Samsung pun kini harus bekerja dengan maksimal dengan Galaxy Z Flip. Samsung akhirnya memutuskan untuk menggunakan engsel Hideaway yang menggunakan seperti perisai yang memiliki serat untuk melindungi Galaxy Z Flip dari debu dan kotoran.

Sebelumnya, masalah engsel ini menjadi salah satu kelemahan dalam Galaxy Fold. Samsung sendiri pun mengklaim jika Galaxy Z Flip merupakan salah satu smartphone yang dapat dilipat dan dibuka hingga lebih dari 200 kali. Ini pun menjadi salah satu cara Samsung untuk mengungguli Motorola Razr yang bermasalah dalam durabilitas dan kualitas engsel.

2. Spesifikasi yang lebih gahar dibandingkan dengan kompetitornya

Hasil gambar untuk samsung galaxy z flip

Berbeda halnya dengan Motorola Razr yang selain lebih mahal, juga dibekali dengan spesifikasi mid-range, Galaxy Z Flip ini memilih untuk menggunakan all-out dengan menawarkan spesifikasi flagship. Lebih jelasnya adlaah Galaxy Z Flip ini ditenagai dengan Snapdragon 855+, RAM 8GB, penyimpanan 256GB UFS 3.0 dan baterai berkapasitas 3.300 mAh. Sementar itu, Motorola Razr ini merupakan smartphone mahal, namun hanya dipersenjatai dengan teknologi Snapdragon 710, RAM 6GB, memori 128GB dan baterai 2.510 mAh.

3. Layar yang terbuat dari kaca

Hasil gambar untuk samsung galaxy z flip

Layar infinity Flex pada Galaxy Fold pada tahun lalu terasa sangat aneh sekali, sebagian besar karena hal tersebut tidak dibuat dari kaca. Itu terbuat dari lapisan tipis yang memiliki bahan dasar polimer yang sangat terasa seperti plastik, bila dibandingkan dengan kaca pada Galaxy S10 yang tidak begitu bagus.

Oleh karena itu, Samsung pun akhirnya memperbaiki kesalahan tersebut dengan menempatkan layar Ultra Thin Glass pada Galaxy Z Flip,yang sesuai dengan namanya, terbuat dari material kaca. Dengan layar yang memiliki bahan dasar yang lebih familier tersebut, Galaxy Z Flip pun lebih terasa seperti smartphone sungguhan ketika kalian gunakan.

4. Pengguna dapat selfie tanp harus membuka layar kaca

Hasil gambar untuk samsung galaxy z flip

Pada bagian luar Galaxy Z Flip atau lebih tepatnya pada sebelah kamera belakang, terdapat sesuatu yang disebut dengan Cover Display. Pada dasarnya ini merupakan layar mini yang memiliki ukuran sekitar 1,1 inci yang bisa menampilkan informasi waktu dan tanggal hingga notifikasi panggilan, chat dan lain-lain.

Yang menariknya adalah, selain dapat digunakan untuk menunjukkan notifikasi yang penting, layar kecil ini juga bisa dimanfaatkan sebagai layar preview kamera belakang. Jadi, dengan kata lain, pengguna dapat mengambil foto selfie tanpa harus membuka layar dari Galaxy Z Flip.

5. Dapat digunakan sebagai laptop mini

Hasil gambar untuk samsung galaxy z flip

Desain dari Galaxy Z Flip ini sangat jauh berbeda dengan Galaxy Fold. Walaupun sama-sama bisa dilipat, salah satu keunggulan dari Galaxy Z Flip ini adalah layarnya yang dapat dibuka sepenuhnya. Samsung menyebutkan ini dengan nama mode Flex, yang dimana pada sudut lipatan layarnya dapat diatur dengan sesuka hati, sehingga dapat digunakan sebagai laptop mini.

Ketika hanya dibuka setengah untuk aplikasi tertentu seperti Youtube, kamera dan Duio, layar 6.7 inci hanya akan terbagi menjadi dua bagian. Pada bagian atas akan bekerja sebagai tampilan dan pada bagian bawah sebagai tombol interaksi seperti keyboard atau trackpad.

6. Pembeli akan mendapatkan layanan Youtube Premium secara gratis

Hasil gambar untuk samsung galaxy z flip

Google memainkan peranan yang besar pada Unpacked pertama mereka pada tahun ini, dimana mereka meluncurkan integrasi Duo yang lebih mendalam, yang memungkinkan para penggunakannya untuk melakuan video call dengan mudah pada smartphone Galaxy S20  mereka. Namun, hal tersebut bukan lah sebuah pengumuman terbaik pada acara tersebut.

Pengumuman terbaik sekaligus terkeren adalah layanan Youtube Premium yang bisa didapatkan secara gratis bagi siapapun yang telah membeli Galaxy Z Flip. Bonus tersebut hanya berlaku selama empat bulan yang jika dikonversikan kedalam bentuk uang, maka akan menjadi senilai US448 atau Rp670.000

7. Tidak memiliki dukungan koneksi 5G

Hasil gambar untuk samsung galaxy z flip

Samsung berbicara banyak mengenai hal 5G pada acara Unpacked 2020. Namun sedikit mengejutkan jika mengetahui jika Galaxy Z Flip bukan smartphone yang termasuk smartphone yang dibekali dengan dukungan jaringan super cepat itu.

Sebenarnya ada banyak alasan mengapa Samsung tidak memasukkan dukungan 5G pada Galaxy Z Flip. Mulai dari faktor panas pada hardware, biaya produksi yang pastinya akan berdampak pada harga hingga baterai yang memiliki kapsitas yang tidak begitu besar. Mungkin,  Samsung akan memberikan dukungan 5G pada Galaxy Z Flip 2.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.