7 Palung Laut Terdalam di Bumi, Bukan Hanya Palung Mariana!


Image result for cekungan  eurasia greenland

Membahas mengenai tempat tertinggi yang ada didunia, mungkin kita pasti langsung mengatakan Gunung Everest yang terletak di antara Tibet dan juga Nepal. Lalu, dimanakah tempat yang memiliki kedalaman yang paling dalam didunia ini? Palung Mariana merupakan jawabannya. Palung Mariana ini terletak didasar barat laut Samudra Pasifik dan tidak jauh dari Jepang.

Namun, tidak hanya ada Palung Mariana saja, masih ada palung laut di dunia ini. Kalian penasaran dimana saja letak nya dan kedalamannya berapa.

1. Cekungan Eurasia

Related image


Yang pertama, ada cekungan Eurasia yang dibatasi oleh Greenland, Lomonosov Ridge yang merupakan sebuah pegunungan bawah laut yang ada di Samudra Arktik serta Laut Laptev, Laut Kara dan juga Laut Barents. Kedalaman dari cekungan Eurasia ini adalah 5.449 meter dibawah permukaan laut.

Para peneliti mengatakan jika cekungan Eurasia ini bisa dilihat sebagai perpanjangan dari Cekungan Atlantik Utara melaui Selat Fram. Cekungan Eurasia ini diperkirakan telah tercipta sekitar 35 juta tahun yang lalu.

2. Lubang Molloy

Image result for molloy deep


Molloy Deep atau Lubang Molloy ini merupakan fitur batimetri yang terletak di Selat Fram, Laut Greenland, sekitar 160 kilometer di bagian barat Svalbard. Kedalaman dari pinggiran luar lubang Lubang Molloy ini adalah 2.700 meter dan bagian terdalam dari Lubang Molloy ini adalah 5.600 meter dibawah permukaan laut.


Molloy Deep ini memiliki lantai cekungan yang memiliki luas sekitar 220 km2 dan merupakan titik terdalam di Samudra Arktik. Yang menarik dari patung ini adalah, namanya yang disesuaikan dengan nama Arthur.E.Molloy, yang merupakan seorang peneliti Angakatan Laut AS. Victor Vescovo merupakan satu-satunya orang pertama yang berhasil menuju ke dasar lubang Molloy yang dia lakukan pada 24 Agustus 2019 lalu.

3. Palung Diamantina

Image result for palung diamantina

Selanjutanya, Palung Diamantinta yang lokasinya berada di barat daya Perth,Australia Barat. Palung Diamantina ini memiliki luas sekitar 1.900 kilometer dari Ninety East Ridge hingga Naturaliste Plateau. Titik terdalam dari palung ini berada di Samudera Hindia dan memiliki kedalaman sekitar 7.079 meter dibawah permukaan laut.

Namun, masih ada beberapa ahil yang masih berpendapat mengenai kedalaman dari palung Diamantina ini. Bagian terdalam dari palung ini berada di 8.047 meter dibawah permukaan laut. Lebih lanjut lagi, palung Diamantina ini pun disebut sebagai palung terdalam kesebelas yang ada didunia.

4. Palung Sandwich Selatan

Image result for palung sandwich selatan

Sesuai dengan namanya, palung Sandwich Selatan ini terletak di 100 kilometer di sebelah timur Kepulauan Sandwich Selatan, Britania Raya. Ini merupakan parit arkuata yang cukup dalam di Samudera Atlantik Selatan. Yang lebih menarik adalah Kepulauan Sandwich Selatan ini merupakan busur vulkanik yang terdapat gunung berapi aktif yang mengitari di sekelilingnya.

Jika kalian ingin mengetahui panjang serta kedalaman dari Palung Sandwich Selatan ini adalah 965 kilometer dengan kedalaman maksimal mencapai 8.226 meter dibawah permukaan laut. Pengukuran ini pun dilakukan menggunakan sebuah sonar multibeam Kongsberg EM123 dari 2-7 Februari 2019 ketika Five Deeps Expedition berlangsung.

5. Palung Puerto Rico

Related image

Selanjutnya terdapat Palung Puerto Rico. Lokasinya terletak diantara perbatasan antara laut Karibia dan juga Samudra Atlantik. Bagian dari parit ini memiliki panjang hingga 800 kilometer. Sementara, palung Puerto Rico ini memiliki kedalaman sekitar 8.376 meter dibawah permukaan laut.

Berdasarkan dengan studi ilmiah yang telah dilakukan, gempa bumi yang terjadi pada sepanjang zona patahan ini bisa menciptkana tsunami yang sangat signifikan dan bisa merusak. Salah satu contohnya yang pernah terjadi adalah gempa bumi San Fermin yang terjadi pada tanggal 11 Oktober 1918 ini dan menyebabkan tsunami yang merusak. 

6. Palung Filipina

Image result for palung filipina

Palung Filipina memiliki nama lain yakni Palung Mindanao. Ini merupakan parit bawah laut yang berada di sebelah timur Filipina, bagian barat Samudra Pasifik Utara dengan panjang mencapai 1.320 kilometer dan memiliki lebar sekitar 30 kilometer. Parit ini membentang dari pusat pulau Luzon Filipina hingga pulau Halmahera yang berada di Maluku Utara.

Tidak tanggung-tanggung, titik terdalam dari palung ini adalah 10.540 meter dibawah permukaan laut. Palung ini diperkirakan terbentuk sekitar 8-9 juta tahun yang lalu. Palung Filipina ini berada di urutan ketiga palung terdalam yang ada didunia. Diurutan pertama terdapat palung Mariana dan kemudian disusul dengan palung Tonga.

7. Palung Tonga

Image result for palung tonga

Yang terakhir adalah Palung Tonga yang merupakan palung kedua terdalam didunia setelah Palung Mariana. Lokasi dari palung ini terletak di barat daya Samudra Pasifik dan menjadi parit tedalam yang ada di bumi selatan. Bagian terdalam dari palung Tonga ini adalah lubang Horizon yang memiliki kedalaman hingga 10.800 meter dibawah permukaan laut.

Yang menariknya adalah palung Tonga ini terdapat biodiversitas serta keanekaragaman biota-biota laut seperti cacing gelang yang melimpah. Titik terdalam palung Tonga , lubang Horizon pertama kali ditemukan pada Desember 1952.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.