5 Fakta Hura Crepitans, Pohon Berbahaya dengan Buah yang Bisa Meledak!

Image result for hura crepitans

Keberagaman flora dan fauna yang ada dibumi ini nampaknya tidak akan pernah habis dan 
masih terlalu luas untuk kita jelajahi. Selalu saja terdapat hal luar biasa yang dapat terjadi dan bisa kalian temukan di berbagai belahan bumi ini. Salah satu flora yang sangat unik dibumi ini adalah Huracrepitans. Lalu, apa saja keunikan dari tanaman yang satu ini?

1. Dijuluki Sebagai Pohon Neraka

Image result for hura crepitans

Tumbuhan yang satu ini memiliki banyak sekali nama, seperti pohon dinamit, buah roda, dan  bahkan disebut sebagai pohon neraka. Nama ini diberikan sebab sifat dari tumbuhan ini yang memang sangat berbahaya sekali.

Sepanjang batangnya tersebut menjulang tinggi dan ditutupi dengan duri-duri yang tajam serta sangat berbahaya bagi manusia maupun hewan. Selain itu, getah yang ada pada tumbuhan ini juga sangat beracun dan biasa digunakan sebagai salah satu bahan olesan ke mata anak panah ketika ingin berburu.

Tidak hanya batangnya saja, buahnya juga sangat berbahaya karena dapat meledak seperti dinamit ketika telah matang dan dapat menyebabkan diare, kram usus, muntah, kebutaan hingga kematian.

2. Berasal dari Amerika Selatan

Image result for hura crepitans

Tumbuhan yang sangat berbahaya ini rupanya berasal dari Amerika Selatan dan Hutan Amazon, tapi penyebarannya saat ini sudah semakin luas. Selain itu, biji nya pun jadi meluas sebab ledakan dari tumbuhan ini, penyebaran tanaman ini pun dibantu dengan angin dan hewan.

3. Termasuk Tanaman Evergreen

Image result for hura crepitans

Tumbuhan yang satu ini termasuk kedalam golongan tumbuhan evergreen. Itu artinya ia akan selalu hijau dan segar sepanjang tahun pada setiap musim. Ia tidak menggugurkan daunnya dengan serentak. Sama halnya seperti pohon jati pada saat musim kemarau ataupun pohon maple ketika musim gugur.

4. Ledakan sebagai Proses Berkembang Biak

Related image

Ledakan yang biasa terjadi pada buah ketika terlalu matang bukanlah sebuah tindakan perlawanan dari musuh yang mengancamnya, namun sebagai tindakan untuk melakukan perluasan jangkauan penyebaran biji serta upaya untuk melakukan reproduksi.

5. Kerap Dikaitkan dengan Hal Mistis

Related image

Tumbuhan yang satu ini sangatlah berbahaya dan sudah banyak melukai mahluk hidup yang lainnya, baik karena duri pada area batangnya , racun getahnya ataupun disebabkan karena ledakan yang keras dan sangat berbahaya. Tanaman ini juga sering dikaitkan mengenai hal-hal mistis dan horor, terlebih lagi jika namanya sudah diberikan kata neraka yang semakin membuat tumbuhan yang satu ini terlihat begitu menakutkan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.