6 Fakta Unik Rio De Janeiro, Punya Langit Terbiru di Dunia

Rio De Janeiro  mungkin akan mengingatkan kalian tentang patung Christ the Redeemer yang menghadap ke kota, pertandingan sepak bola dipantia dan juga karnaval yang penuh warna. Meskipun tidak memiliki reputasi yang bersih karena polusi dan juga kejahatan, Rio menawarkan banyak sekali kesenangan bagi para turis yang pemberani. Kota ini memiliki banyak fakta unik, berikut diantaranya.

1.Patung Tuhan Yesus telah disambar pertir beberapa kali

Image result for christ redeemer

Lokasi Brazil yang berada didekat garis khatulistiwa ini menjadikannya sebagai daerah aktif bagi para petir. Patung Yesus yang memiliki tinggi hingga 30 meter ini dan berada di puncka gunung Corcovado ini telah sering tersambar petir.

Lembaga penelitian luar angkasa Brasil pun megatakan jika patung yang selesai pada tahun 1931 tersebut telah mendapatkan dua hingga empat sambaran petir pada setiap tahunnya.

2. Seni jalanan legal di kota ini

Image result for seni jalanan di brazil

Pada tahun 2014, Rio de Janeiro telah melegalkan seni jalanan pada banyak properti kota. Kota yang sudah berwarna tersebut pun dijadikan galeri seni luar ruang.

Seniman jalanan diizinkan untuk medekorasikan kolom atau dinding yang ada dalam kota. Semuanya legal asalkan properti tersebut tidak ditetapkan secara historis. Kota ini pun bahkan telah menciptakan agensi pemerintahan semu, yaitu Eixo Rio. Agensi inilah yang mengatur para seniman kota dan juga melaksanakan peryaan Hari Grafiti resmi setiap 27 Maret.

3. Pernah menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola terbesar di dunia

Image result for hutan rio

Pada tanggal 16 Juli 1950, sekitar 173.850 penonton masuk ke Stadion Macarana yang merupakan stadion terbesar di dunia pada saat itu. Penonton pun bersorak sorai untuk pertandingan final Piala Dunia 1950.

Diperkirakan, hampir sepuluh persen populasi Rio menyaksikan pertandingan antara Uruguay dan Brazil yang dimenangkan oleh Uruguay. Peristiwa tersebut pun dijuluki dengan maracanazo(istilah yang digunakan ketika tim tamu menang).

Pertandingan ini pun berhasil memegang rekor dunia untuk kehadiran tertinggi pada pertandingan sepak bola. Stadion ini pun telah menjadi simbol nasional dan disebut sebagai Katedral Sepak Bola.

4. Rio merupakan rumah bagi hutan terbesar di dunia

Image result for hutan rio

Rio adalah kota besar yang memiilki lebih dari 6 juta penduduk. Namun, Rio masih terasa seperti kota kecil, terutama jika klaian sedanga berada ditengah hutan ataupun dibawah air terjun yang deras.

5. Rio de Janeiro memiliki langit yang paling biru di dunia

Image result for langit biru brazil

Langit yang cerah, pasir yang hangat serta minunman yang dingin, bukankah hal tesebut sangat diinginkan oleh para turis? Itu karena Rio memiliki langit yang paling biru sedunia.

6. Pada setiap karnaval, kota ini dijalankan oleh Raja Momo yang mistis

Image result for raja momo di brazil festival

Rio meledak dengan energi dan warna selama lima hari sebelum Rabu Abu, dimana jutaan orang turun ke jalanan untuk karnaval terbesar di dunia. Pesta dimulai pada hari Jumat, ketika wali kota menyerahkan kunci kepada seorang pria untuk di nobatkan sebagai Raja Momo, pelawak mistis yang bertindak sebagai kepala perayaan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.