Ini 7 Hewan Prasejarah yang Menakutkan Selain Dinosaurus, Tahu Semua?

Dinosaurus merupakan penghuni bumi yang tidak pernah terkalahkan selama 177 juta tahun lamanya.Mereka adalah hewan pra sejarah yang sangat populer karena berbagai alasan. Pertama, tidak ada hewan yang memiliki karakteristik seperti dinosaurus. Kedua, mereka sangatlah besar dan juga menakutkan sehingga membuat kita tertarik kepadanya.

Namun, kalian keliru jika berpikir bahwa dinosaurus merupakan satu-satunya mahluk hidup yang paling menakutkan di zaman prasejarah. Namun faktanya masih ada banyak lagi spesies yang tidak kalah menyeramkan, apa saja? simak artikel berikut ini.

1. Titanoboa

Image result for titanoboa

Jika kalian pernah menonton film Anaconda pasti kalian sudah tau binatang yang satu ini kan? Bintang dari film tersebut merupakan sebuah ular raksasa yang siap memakan kalian secara hifup-hidup. Ternyata ular tersebut ada pada zaman prasejarah. Ular tersebut bernama Titanoboa.

Ular ini memiliki panjang hingga 12 meter dan memiliki berat lebih dari satu ton. Ini pun membuatnya menjadi ular terbesar yang pernah tinggal di bumi. Titanoboa hidup kira-kira sekitae 60 juta tahun yang lalu . Pada saat itu, dinosaurus telah punah. Jika tidak, mereka akan terlibat dalam perkelahian yang sangat seru.

2. Mosasaurus

Image result for mosasaurus

Mosasaurus merupakan reptil akuatik yang memiliki panjang hingga 18 meter. Mosasaurus terlihat seperti dinosaurus tetapi dengan sepasang sirip yang besar. Mosasaurus diperkirakan hidup sekitar 145 juta tahun yang lalu.

Hewan purba ini pun terkenal karena gigitannya yang sangat kuat. Walaupun ia sebuah reptil. ia termasuk hewan yang berdarah panas dan bereproduksi dengan cara melahirkan.

3. Plesiosaurus

Image result for plesiosaurus


Plesiosaurus merupakan reptil laut yang memiliki badan yang sangat besar. Beratnya bisa mencapai 1,6 ton dan memiliki panjang yang bisa mencapai sembilan meter. Monster lautan ini juga sangat berbahaya. Mereka memiliki rahang yang sangat besar, leher yang panjang dan juga gigi setejam gergaji. Lehernya memiliki fungsi untuk mencari makanan di dasar laut.

4.Megalodon

Image result for mega;odon

Megalodon merupakan hewan laut yang telah punah jutaan tahun yang lalu ini merupakan hiu terbesar yang pernah tinggal dibumi. Nama ilmiahnya adalah Carcharocles Megalodon yang berarti gigi yang besar. Ukuran panjangnya bisa mencapai lebih dari 18 meter dan berat

Saking besarnya, manusia pun hanya akan terlihat seperti ikan kecil jika berdiri di sampingnya. Namun jangan salah, tubuh raksasa tidak menghalangi gerak megalodon. Jangan harap bisa selamat jika bertemu dengan hewan purba ini.

5. Quetzalcotlus

Image result for Quetzalcoatlus

Quetzalcoatlus adalah burung purba yang diperkirakan hidup di sekitar Amerika Utara. Ia jauh lebih besar daripada pterodactyl, burung prasejarah lainnya. Rentangan sayapnya saja bisa mencapai 11 meter, menurut World Atlas. Beratnya bisa mencapai 250 kilogram. Sebagai perbandingan, burung terbesar yang hidup saat ini hanya memiliki berat 14 kilogram. Bisa bayangkan tidak betapa raksasanya burung ini?

6. Sarcosuchus

Image result for sarcosaurus




Semua karakteristik sarcosuchus mengisyaratkan bahwa ia adalah dinosaurus. Namun nyatanya tidak. Ia berada di dalam famili archosaurus bersama dengan pterosaurus dan burung modern.

Tidak seperti buaya modern, sarcosuchus tidak pernah berhenti untuk tumbuh. Maka tidak heran jika beratnya bisa mencapai sepuluh ton, setara dengan dinosaurus pada umumnya. Seluruh ciri fisiknya yang menyeramkan membuat orang-orang menyebutnya “SuperCroc”

7. Dunkleosteus

Image result for dunkleosteus

Dunkleosteus adalah ikan purba yang hidup sekitar 380 juta tahun yang lalu. Ikan ini bisa tumbuh sepanjang sembilan meter. Karakteristiknya yang menonjol adalah wajahnya yang seakan berlapis baja.

Kenapa demikian? Jika diperhatikan wajah dunkleosteus mirip seperti pasukan baja yang sering muncul di zaman dahulu. Para arkeolog menyatakan bahwa fosilnya menunjukkan bahwa mereka memuntahkan tulang mangsanya karena tidak bisa mencerna dengan baik.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.