5 Sosok Guru Luar Biasa Dalam Film yang Layak Jadi Panutan


Related image

Dalam kehidupan, terkadang kita tidak akan lepas dari peran seorang guru, baik pada saat berada disekolah maupun saat sedang berada di kehidupan yang mengajarkan kita tentang menjadi orang yang lain. Sosok guru tersebut juga banyak terdapat pada film-film Hollywood yang kehadirannya bisa menjadi penunjuk sebuah arah bagi tokoh utama film untuk menjadi orang yang lebih baik dalam kehidupan.

Pada artikel berikut ini kami akan merangkum 5 guru terbaik yang ada film Hollywood.

1. Master Yoda (Star Wars)

Related image

Muncul di film-film Star Wars, Master Yoda tentunya merupakan sosok guru yang bijaksana bagi Luke Skywalker. Yoda merupakan salah satu spesies yang misterius dan berasal dari dunia Star Wars yang katanya memiliki kemampuan yang tinggi untuk bertarung dengan menggunakan lightsaber. Meskipun hebat dalam bertarung, Yoda lebih memilih untuk menjadi seorang pengajar dari kalangan  Jedi ketimbang menjadi seorang petarung.

Salah satu kata yang paling terkenal dari Yoda adalah '' Do or do not, there is no try'' maksud dari perkataan Yoda tersebut adalah menyuruh kita untuk melakukan sesuatu hal dengan sungguh-sungguh atau tidak melakukannya sama sekali, daripada kita hanya melakukannya saja untuk coba-coba.

2. Master Shifu (Kung Fu Panda)

Related image

Di dalam Kung Fu Panda, Master Shifu harus melatih Po, seekor Panda gemuk yang suka makan. Master Shifu awalnya tidak percaya bahwa Po akan menjadi seorang ahli kungfu, namun karena Po adalah orang pilihan Grand Master Oogway, Shifu akhirnya harus berusaha agar Po benar-benar menjadi master kungfu.

Keunikan dari Master Shifu yang bisa kita tiru adalah metodenya dalam mengajar. Dia memperlakukan Po yang sama sekali tidak mengerti tentang kungfu dan juga susah berkonsentrasi berbeda dengan cara dia memperlakukan murid lainnya. Shifu akhirnya menggunakan makanan untuk menggoda Po agar dia bisa berlatih kungfu sebab dia menyadari bahwa Po sangat sekali dengan makanan, sehingga tanpa mereka sadari kemampuan kungfu dari Po pun terlatih dengan sendirinya ketika ia sedang mengejar makanan yang ditawarkan oleh Master Shifu.

Shifu patut dijadikan panutan untuk memperlakukan muridnya sesuai dengan bakat dan minat dari muridnya masing-masing, sehingga gurunya bisa beradaptasi dengan muridnya tanpa menghilangkan keunikan dari muridnya tersebut. Hal tersebutlah yang berhasil membuat muridnya menjadi lebih hebat dari gurunya sebab gurunya tersebut bisa mengeluarkan bakat terpendam dari muridnya tersebut.

3. Terence Fletcher (Whiplash)

Image result for terence fletcher

Kalian pasti sering berhadapan dengan guru yang killer saat di sekolah. Cerminan dari guru yang super galak tersebut terdapat pada tkoh yang bernama Terence Fletcher dalam film Whiplash. Fletcher merupakan seorang guru yang sangat keras, dia juga tidak segan-segan melakukan kekerasan dengan cara mengucapkan kata yang kasar kepada muridnya dan dia juga tidak segan untuk melemparkan kursi ke muridnya jika muridnya tersebut tidak mampu untuk mengikuti arahan dari Fletcher pada saat bermain musik.

Gaya mengajar dari Fletcher yang sangat keras ini pun membuat murid-muridnya menjadi depresi, termasuk Neiman, tokoh utama dalam film ini. Kerasnya gaya mengajar yang diterapkan oleh Fletcher ini dia lakukan untuk menghindari sikap mudah puas terhadap apa yang telah dicapai oleh para murid-muridnya. Pada akhirnya, meskipun gagal dalam kompetisi musik, Neiman berhasil membawakan Whiplash dan juga Caravan, dua buah lagu jazz yang sangat sulit bagi seorang drummer dikarenakan sangat keras dan juga disiplinnya metode yang diajarkan oleh Fletcher.

Meskipun metode yang digunakan oleh Fletcher dapat membuat mental anak menjadi turun, namun ada baiknya memang kita harus belajar dengan keras dan juga disiplin demi mencapai prestasi yang sempurna.

4. Albus Dumblebore (Harry Potter)

Image result for albus dumbledore

Albus Dumblebore merupakan sosok kepala sekolah , guru sekaligus yang bisa dianggap sebagai seorang ayah angkat bagi Harry Potter. Salah satu hal yang paling mencolok dari Dumblebore adalah kebijaksanaannya ketika menyikapi sesuatu. Dia merupakan orang yang bisa menempatkan diri dengan tepat pada setiap kondisi.

Kebijaksanaanya tersebut ternyata tidak dengan mudah didapatkan begitu saja, karena Dumblebore muda adalah orang yang sangat egois dan juga membenci kaum muggle karena telah membuat adiknya menjadi gila. Namun semakin bertambah umur, Dumblebore pun menjadi orang yang semakin bijaksana karena dia mampu untuk menarik dan juga menyelami kembali setiap ingatan yang pernah ia lalui untuk dijadikan pelajaran bagi dirinya supaya bisa menjadi seorang guru yang bisa dijadikan panutan bagi para murid-muridnya.

5. Charles Xavier (X-Men)



Image result for charles xavier

Charles Xavier atau biasa panggil dengan Professor X dalam film X-Men merupakan sosok kepala sekolah dan sekaligus menjadi kehidupan terhadap setiap murid-muridnya di sekolah X-Men yang ia dirikan. Charles memiliki sikap yang sangat optimis bahwa manusia dan juga mutan dapat hidup berdampingan, bahkan ia rela berpisah dengan salah satu sahabat terbaiknya, Magneto yang ragu akan hal itu.

Charles pun menghabiskan waktunya untuk mengumpulkan para mutan dengan kemampuan telepati yang ia miliki untuk mendapatkan kehidupan yang layak dan sekaligus mengajarkan mereka untuk mengendalikan kekuatan mutan yang dimilikinya di sekolah mutan yang ia dirikan.

Charles merupakan sosok guru yang selalu memberikan harapan terhadap muridnya tersebut bahwa kaum mutan selalu dapat hidup dengan nyaman tanpa dipandang sebelah mata oleh para manusia, bahkan sikap nya yang rela berkorban agar murid-muridnya bisa terus hidup dengan tenang dan juga menjadikannya sosok guru yang baik dan juga dihormati.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.